Libur Nataru Pelayanan Kesehatan Tetap Berjalan 

dr. Willy Mambieuw, Sp.B (Denny/ Cepos)

WAMENA-Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya memastikan selama libur dan cuti bersama Natal, pelayanan kesehatan tidak libur. Fasilitas kesehatan yang ada tetap memberikan pelayanan kesehatan dengan cara melakukan perollingan petugas kesehatan yang akan membantu masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan di setiap Puskesmas.

   Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya dr. Willy Mambieuw, Sp.B menyatakan untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas tetap berjalan seperti biasanya. Hanya saja mungkin waktunya yang dipersingkat. Sedangkan untuk petugas yang melayani, pihaknya sudah menjadwalkan untuk melakukan perollingan.

   “Kita rolling itu seperti tahun –tahun yang lalu, dimana pada saat pelaksanaan Idul Fitri kemarin teman –teman dari nasrani yang bertugas, sekarang untuk pelaksanaan Natal teman –teman dari Muslim yang memberikan pelayanan,” ungkapnya Senin (27/12) kemarin.

   Ia menyatakan sebelum pelaksanaan natal, ia telah memberikan perintah kepada kepala Puskesmas yang ada di Wamena dan sekitarnya untuk membuat jadwal pelaksanaan pelayanan kesehatan kepada warga, sehingga khusus untuk kesehatan tetap berjalan seperti biasa dengan  waktu yang ditentukan, sehingga ini juga bisa membantu pelayanan di UGD RSUD Wamena.

   “Kalau kita tidak buka pelayanan di Puskesmas, maka apabila ada warga yang sakit maka pastinya semua akan ke RSUD. Oleh karena itu, pelayanan kesehatan tetap harus dibuka di Puskesmas untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan pasca libur natal dan tahun baru,” kata Kadinkes.

   Ia menyatakan untuk jam buka di Puskesmas  mulai pukul 09.00 WIT  sampai pukul 13.00 WIT. Hal ini dilakukan karena  melihat tingkat kunjungan pasien, biasanya dalam libur itu yang membutuhkan pelayanana kesehatan itu tidak banyak sehingga waktunya dibatasi.

   “Kita batasi waktu pelayanan ini, karena juga melihat tingkat kedatangan pasien yang berobat ke puskesmas, kalau tidak banyak tidak mungkin kita buka hingga sore hari, namun untuk puskesmas yang rawat inap di distrik –distrik tetap melakukan pelayanan seperti biasa,”jelas dokter Willy.

   Hingga kemarin, lanjut dokter Willy, lonjakan pasien belum terlihat, dan jenis penyakitnya juga masih sama seperti biasanya. Antara lain, penyakit ISPA yang paling banyak, karena faktor cuaca yang selama Jayawijaya terus diguyur hujan.

   “Untuk saat ini belum ada lonjakan pasien yang signifikan, yang ada hanya beberapa yang terkena ISPA. Sebab sejak awal Desember ini, curah hujan cukup tinggi di Wamena dan sekitarnya,” bebernya.

   Dokter Willy juga menyatakan bahwa selama libur Natal dan Tahun baru ini,  masyarakat diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan agar tetap terhindar dari Covid -19. Bagi warga yang belum mendapatkan pelayanan vaksinasi, diharapkan bsia mendapatkan vaksinasi di beberapa tempat yang ada dalam Kota Wamena.

  “Saya berpesan agar dalam pelaksanaan libur natal dan tahun baru ini penting sekali buat warga untuk mematuhi protokol kesehatan,”tutupnya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *