Tidak Berbadan Hukum, Ormas Bakal Dibubarkan

Sosialisasi organisasi kemasyarakatan, LSM,  Yayasan dan Parpol untuk melakukan registrasi ulang di Wamena, Rabu ( 24/11). (Denny/ Cepos)

WAMENA-Pemerintah Jayawijaya melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bakal menertibkan organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang ada di Kabupaten Jayawijaya. Kalau tidak terdaftar alias ilegal, Ormas akan segera dibubarkan karena dikhawatirkan melakukan gerakan-gerakan menyimpang dan mengganggu Kamtibmas. Oleh karena itu, semua Ormas yang ada diminta melakukan pendaftaran ulang.

  Kepala Kesbangpol Kabupaten Jayawijaya Tenius Gombo SPd, Mpd menyatakan bahwa untuk pemberdayaan ormas di Kabupaten Jayawijaya, yang terpenting saat ini adalah pendataan. Dimana program ini dari Pemprov Papua yang dilaksanakan di setiap daerah,sehingga untuk kedepan harus melakukan penertiban ormas, LSM, Parpol dan Yayasan.

  “Sesuai dengan perkembangan kalau dilihat pada saat ada agenda Politik baru ormas ini bertumbuh seperti jamur, sehingga penertiban ini sangat penting. Tapi sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada mereka,”ungkapnya Rabu (24/11) kemarin.

  Untuk Jayawijaya Kata Tenius Gombo, Memang banyak ormas, LSM, Yayasan yang terdaftar tetapi kenyataannya belum melakukan pendaftaran ulang setelah ada pergantian kepengurusan. Oleh karena pihaknya mengajak mereka dalam sosialisasi ini agar menyampaikan kepada mereka untuk melakukan registrasi ulang.

  “Ormas -ormas yang baru muncul ini banyak yang belum terdaftar di Kesbangpol apalagi dalam perkembangan saat ini ada perbedaan ideologi  sehingga dengan yang beda -beda ini yang perlu ditertibkan, namun kita juga rencana akan melakukan pendaftaran ormas melalui sistem online,”katanya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *