Setiap ASN  Harus Punya Rasa Tanggung Jawab

Sekda Hanna Hikoyabi (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Untuk mengoptimalkan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, tentu butuh dukungan dari semua pihak, terutama dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN)  baik yang bekerja di Kantor Bupati Jayapura maupun di tingkat distrik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura,  Hanna Hikoyabi mengatakan, butuh kepedulian dan rasa tanggung jawab dari setiap ASN dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

“Untuk menjalankan roda pemerintahan ini, kami tidak bisa kerja sendiri, butuh semua pihak untuk mendukung dan mereka juga harus mempunyai rasa tanggung jawab dalam mengemban tugas yang sudah diberikan,”kata Sekda Hanna Hikoyabi, Rabu (24/11).

Dia mengatakan, ada keterbatasan yang dialami pihaknya, terutama dalam mengontrol jalannya roda pemerintahan di tingkat bawah, terutama di pemerintahan distrik dan kampung.  Karena itu, semestinya rasa tanggung jawab ini apabila dimiliki oleh setiap ASN tentu pelayanan yang diinginkan oleh masyarakat bisa terwujud. Dia mengakui, di Kabupaten Jayapura ada cukup banyak ASN yang mempunyai sifat yang apatis dengan tugas dan tanggungjawabnya.

“Kita punya keterbatasan untuk memantau satu persatu dan juga kita tidak mungkin selalu mengingatkan mereka, perlu ada kesadaran dari dalam diri sendiri,”ujarnya.

Untuk memastikan jalannya roda pemerintahan di tingkat distrik, pihaknya sedang berusaha melakukan pengawasan sampai ke tingkat distrik.  Bahkan 2 hari terakhir ini, mantan kepala Bappeda Kabupaten Jayapura melakukan kunjungan dan Sidak kepada sejumlah kantor distrik yang ada di wilayah Kota Sentani.

“Ke Distrik Sentani Barat,  Depapre, Sentani Timur. Jangankan yang jauh, dalam kota saja ini ada yang malas masuk kantor,”pungkasnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *