Sekolah Diminta Berperan Aktif Cegah Penularan Covid-19

Juru bicara satgas penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito berharap pihak sekolah berperan aktif dalam membantu upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan sekolah. (istimewa)

PEMERINTAH berharap pihak sekolah berperan aktif dalam membantu upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan sekolah. Pemerintah mendorong pihak sekolah untuk mengencarkan pencatatan dan pelaporan kasus secara aktif atau efektif surveilans.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan seperti testing secara periodik dan melakukan tracing (penelusuran kasus) segera jika ada siswa atau tenaga pendidik yang tertular. Selain itu, diharapkan pihak sekolah selalu memastikan implementasi protokol kesehatan bagi seluruh unsur disekolah.

“Protokol kesehatan harus dijalankan dimulai dari rumah saat perjalanan dan saat beraktivitas di sekolah,” kata juru bicara satgas penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam keterangannya, Rabu (24/11).

Pihak sekolah juga diminta melakukan penyelarasan dengan peningkatan cakupan vaksinasi. Khususnya bagi tenaga pendidik dan anak sekolah yang sudah memenuhi kriteria untuk divaksin.

Terlebih, pemerintah akan menerapkan PPKM level 3 di seluruh Indonesia pada 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Sejumlah pengetatan pun dilakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Salah satunya, sekolah tidak diliburkan pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Melakukan imbauan kepada sekolah, tidak meliburkan secara khusus pada periode libur Nataru,” sebagaimana tertuang dalam Inmendagri 62/2021 yang ditandangani Mendagri, Tito Karnavian.

Pemerintah juga meminta kepada pihak sekolah agar membagikan rapot semester 1 bagi para pelajar dilakukan pada Januari 2022. “Pembagian rapot semester 1 pada bulan Januari 2022,” tulis Tito menandaskan.(jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *