Masih Sakit, Sidang VY Ditunda

Emanuel Gobay, SH., MH (Yewen/Cepos)

Tim Koalisi Penegak Hukum dan HAM: Kami Akan Pantau Terus Kondisi Kesehatannya

JAYAPURA– Sidang dugaan kasus kerusuhan di Kota Jayapura yang melibatkan Victor Yeimo (VY) tetap ditunda hingga kondisi fisik terdakwa dalam kondisi membaik sesuai dengann keputusan Majelis Hakim (MH) di Pengadilan Negeri Kelas IA Jayapura.

Koordinator Tim Koalisi Penegakan Hukum dan HAM Papua, Emanuel Gobay, SH., MH mengungkapkan bahwa kondisi kliennya Victor Yeimo masih dalam perawatan yang intensif oleh pihak dokter di RSUD Jayapura.

“Kondisinya masih minum obat dan sampai saat ini masih menjalani status pembantaran atau perawatan di rumah sakit,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos melalui panggilan telepon selulernya, Rabu (24/11).

Kata Direktur LBH Papua dan Papua Barat ini menyampaikan, untuk persidangan terhadap dugaan kasus VY sendiri tetap akan ditunda hingga kondisi terbaik membaik dan minum obat hingga selesai. Hal ini sendiri merupakan bagian dari keterangan yang didapatkan dari hakim. “Perlu diketahui bahwa yang punya kewenangan menahan dan mengalihkan status terdakwa adalah hakim di Pengadilan Negeri Jayapura,” katanya.  “Kami dari kuasa hukum terus melakukan pantauan terhadap kondisi kesehatan VY,” tambahnya.

Gobay menjelaskan, VY menderita menyakit paru-paru atau TBC. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan RSUD Jayapura untuk mengefektifkan mengenai Peraturan Menkes mengenai pasien TBC, khususnya terhadap VY yang dirawat di RSUD Jayapura.

“Kami sangat mengharapkan ada rumah singgah yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Direktur RSUD Jayapura, sehingga bang VY bisa menjalani proses perawatan di rumah singgah,” harapnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *