Lanjutan Liga di Bali, Tujuannya untuk Gairahkan Pariwisata

Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, siap menggelar seri keempat BRI Liga 1 2021–2022. (Jawa Pos)

JawaPos.com-Kompetisi Liga 1 seri keempat rencananya berlangsung di Bali. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di kantor PSSI kemarin. Jika sesuai rencana, seri kelima juga dirancang akan dilangsungkan di Pulau Dewata.

Sebelumnya PSSI telah menjalin komunikasi intens dengan Gubernur Bali I Wayan Koster. Saat itu federasi sepak bola tanah air tersebut diwakili Wakil Ketua Umum Iwan Budianto. ”Pak Gubernur sudah komitmen untuk menggairahkan wisata di Bali,” ujar Iriawan kemarin.

Ya, karena adanya pandemi Covid-19, pariwisata di Bali sempat drop ke titik terendah. Karena itu, saat ini dilakukan upaya pemulihan dengan mendatangkan wisatawan.

Salah satunya dengan kegiatan olahraga. Saat ini Pulau Dewata juga menjadi venue berlangsungnya ajang bulu tangkis Indonesia Masters, Indonesia Open, dan World Tour Finals.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menyatakan telah meninjau stadion yang ada di Bali. Setidaknya ada empat stadion yang diproyeksikan jadi venue. Yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion I Gusti Ngurah Rai (Denpasar), Stadion

Kompyang Sujana (Denpasar), dan Stadion Samudra (Badung).Dari pantauan, sebut Iriawan, masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Misalnya pencahayaan.

”Lainnya cukup matang. Sebulan ini akan disiapkan untuk menggelar pertandingan,” bebernya.

Mengenai kans adanya penonton di Bali, Iwan Bule (sapaan Iriawan) menyebutkan bahwa militansi suporter sepak bola agak berbeda dengan cabang lain. Karena itu, pihaknya harus berhati-hati terkait upaya adanya penonton.

”Kalau suporter bola ini lain. Mungkin di stadionnya bisa diantisipasi. Tapi khawatir di luar (stadion). Kesulitan juga aparat kepolisian antisipasi,” tuturnya.

Karena itu, untuk laga bisa dihadiri penonton, PSSI meminta suporter lebih bersabar. Selain itu, pihaknya harus mendapat rekomendasi dari berbagai stakeholder seperti Kemenpora, Kemenkes, Mabes Polri, BNPB, hingga Satgas Penanganan Covid-19.(JawaPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *