Kenius: Kita Evaluasi Cabor yang Minim Prestasi di PON

Kenius Kogoya (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinsi Papua, Kenius Kogoya mengaku sudah memiliki catatan terkait cabang olahraga Papua yang bisa menjadi potensi prestasi di event-event berikutnya. Menurut Kenius, capaian PON XX 2021 sebagai pembuktian beberapa cabang olahraga yang meraka bina.

Apalagi menurut Kenius, ada beberapa cabang olahraga yang dijagokan untuk mendulang banyak medali emas justru diluar ekspektasi. Sebaliknya, beberapa cabang olahraga yang tidak begitu diharapkan justru mampu mendulang banyak medali emas.

“Kita sudah lihat ada beberapa cabang olahraga yang kita unggulkan justru perolehan medalinya kurang. Dan ada yang tidak kita targetkan malah menyumbangkan medali emas,” ungkap Kenius kepada awak media belum lama ini.

Kenius juga sangat menyayangkan beberapa cabang olahraga yang sudah mengeluarkan cukup banyak selama persiapan namun tidak mampu mencapai target yang diberikan oleh KONI Papua.

“Ada juga beberapa cabang olahraga yang cukup mengejutkan, karena pembiyaannya cukup besar, baik dari segi peralatan dan hal lainnya tapi hanya meraih 1 medali emas. Ini tentu akan menjadi catatan dan evaluasi KONI kedepannya,” ujar Kenius.

Sebab itu, Kenius mengaku, KONI ke depannya akan melakukan seleksi atlet lebih ketat lagi, termasuk SDM pelatih.

“Kedepan kita akan buat event untuk melakukan seleksi atlet. Sehingga seluruh kabupaten harus mengirim atlet potensial agar bisa bersaing,” tegas Kenius.

Selain itu, Kenius juga menyebutkan bahwa KONI Papua akan berupaya untuk memaksimalkan venue-venue yang ada di Papua untuk menciptakan atlet potensial. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *