Kemiskinan SDM Harus Dibenah Dengan Baik

Omah Laduani Ladamay (Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Persoalan yang dihadapi Provinsi Papua saat ini adalah kemiskinan SDM. Meski dibekali dengan sumber daya alam yang memadahi, jika SDM tidak ditanggulangi dengan baik, akan berdampak kesenjangan dan sebagainya.

Kepala Dinas Perindagkop Provinsi Papua, Omah Laduani Ladamay menjelaskan, peningkatan kualitas SDM di Papua terus dilakukan, dimana peningkatan Sumber Daya Manusia harus memiliki kemampuan yang baik,  untuk mengelola SDA yang melimpah di Papua.

“Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Papua, dalam hal peningkatan SDM di Papua yaitu telah mengelola BLK (Balai Latihan Kerja) Provinsi Papua yang langsung ditangani oleh pemerintah pusat,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (24/11).

Diakuinya, dengan BLK Provinsi Papua ditangani langsung oleh Pemerintah Pusat, maka permasalahan anggaran dalam hal pengelolaan dan sebagainya sudah langsung ditangani oleh Pemerintah Pusat.

“Kedepan program-program yang kita dorong baik melalui Gubernur, Sekda, Asisten dalam program BLK tetap disesuaikan dengan kebutuhan Papua, ini yang kita harapkan bahwa SDM di Papua terkhususnya anak-anak muda Papua memiliki keahlian managerial agar dapat mengelola alam Papua yang kaya,” tambahnya.

Menurutnya, potesi alam Papua sangat berlimpah-limpah, untuk itu sayang jika tidak dikelola dengan baik, jika alam Papua dikelola dengan baik maka akan menghidupkan semua UKM, IKM, Petani, Nelayan yang ada di Papua.

“Oleh sebab itu, saya terus mengupayakan peningkatan SDM di Papua, untuk mengelola potensi alam di Papua yang belum dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *