Kementerian Koperasi Bekali SDM Usaha Melalui Koperasi

Suasana sosialisasi dan pendampingan peningkatan kualitas SDM Usaha melalui koperasi, yang digelar Dinas Perindag Provinsi Papua, bersama Kementerian Koperasi Republik Indonesia, Rabu (24/11) kemarin. (Yohana/cepos)

JAYAPURA – Melihat potensi SDM Usaha melalui Mama-Mama Papua yang cukup besar dalam hal penguatan ekonomi keluarga, maka Dinas Perindagkop Provinsi Papua bersama Kementerian Koperasi Republik Indonesia menggelar pelatihan  sosialisasi dan pendampingan peningkatan kualitas SDM Usaha melalui koperasi.

Dalam kegiatan tersebut, hampir seluruh peserta yang dilibatkan adalah Mama-Mama Papua, yang berjualan di Pasar Mama-Mama Papua Jayapura.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Perkoperasian dan Jabatan Fungsional, Nasrun menjelaskan,  melihat potensi penguatan ekonomi keluarga yang bersumber dari kerja keras Mama-Mama Papua, pihaknya tertarik dapat memberdayakan SDM Usaha yang sudah ada di Papua menjadi lebih baik.

“Untuk meningkatkan perekonomian, pastinya dimulai dari pemulihan SDM terlebih dahulu. Pemulihan SDM tersebut dimulai dengan pelatihan, pendampingan, penguatan serta memberikan ketrampilan-ketrampilan yang memadahi,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (24/11) kemarin.

Yang pihaknya lakukan kali ini adalah melakukan bimbingan terhadap pengembangan koperasi di lingkungan Mama-Mama Papua.

Selain membekali SDM dengan pendampingan koperasi, pendampingan pengelolaan pasar juga harus dilakukan, agar dengan adanya koperasi usaha,  pasar tetap berjalan.

“Kami harap ke depanpasar Mama-Mama Papua bukan saja menjadi pasar tradisional saja, tetapi  memiliki pelayanan yang modern. Ini yang kita harap dan pastinya ada kolaborasi dari masing-masing pihak, baik itu pemerintah daerah, maupun kementerian koperasi dan sebagainya,” tambahnya.

Jika bimbingan koperasi terus diperhatikan dengan baik, pastinya akan memberikan dampak yang signifikan terhadap ekonomi keluarga, terhadap keluarga mama-mama di Pasar Mama-Mama Papua.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop Provinsi Papua, Omah Laduani Ladamay menjelaskan,  Pemerintah Provinsi Papua terus berperan aktif dalam meningkatkan SDM masyarakat Papua, dengan cara melaksanakan pelatihan, bimbingan bahkan bantuan, dengan harapan Papua bisa terlepas dari kesenjangan, distabilitas daerah dan kemiskinan ekstrim.

“Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini kami harap dapat menjawab kebutuhan masyarakat Papua, dalam hal membantu pada pelaku usaha mengembangkan usahanya,” tambahnya.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *