Jokowi Bersyukur Program Vaksinasi RI Lebih Baik Dibanding Negara Lain

F-AA PRESIDEN JOKO WIDODO (SETPRES)

PRESIDEN  RI Joko Widodo (Jokowi) mengaku, saat ini mobilitas dan aktivitas masyarakat mulai kembali meningkat seiring dengan pelonggaran kebijakan pembatasan dan kasus penularan Covid-19 yang sudah menurun.

Menurutnya, program vaksinasi menjadi salah satu kunci dan sangat penting intuk mengakhiri pandemi menjadi endemi. Per 23 November 2021 pemerintah telah menyuntikkan sebanyak 226 juta dosis vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

“Dosis pertama 65 persen dan dosis kedua 43 persen,” kata Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021 secara virtual, Rabu (24/11).

Jokowi mensyukuri atas pencapaian program vaksinasi tersebut karena hingga saat ini masih banyak negara yang terkendala untuk proses vaksinasi. Dirinya pun menargetkan hingga akhir tahun 290 juta dosis vaksin sudah disuntikkan ke masyarakat.

Rasa syukur atas pencapaian pengendalian Covid-19, kata Jokowi, jauh lebih baik dibandingkan pada bulan Juli 2021 yang mana Indonesia berada di angka 56 ribu kasus harian. “Bapak ibu kalau datang ke rumah sakit atau melihat kondisi wisma atlet, itu BOR nya sangat tinggi di atas 90 persen,” ungkapnya.

Sementara, jika dilihat pada pencapaian per 23 November 2021 kasus harian sudah di angka 394 kasus per hari. Sehingga, pemerintah berupaya untuk mendorong proses vaksinasi dan akhir tahun agar memenuhi target vaksinasi sebanyak 280 juta – 290 juta dosis.

Jokowi menyampaikan, selama 1,5 tahun ini berbagai negara hanya berfokus pada urusan kesehatan dan vaksinasi. Namun setelahnya terjadi kelangkaan energi, kontainer, inflasi yang naik dan ini akan berdampak pada konsumen.

Jokowi merasa bangga terhadap pencapaian pengendalian Covid-19 di Indonesia yang tercermin dari angka pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021 yang berada di level 7,07 persen meskipun pada kuartal III di level 3,51 persen.

“Karena kita ada PPKM darurat satu bulan penuh kita rem total karena masuknya varian delta yang tidak disangka,” pungkasnya.(jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *