Jelang 1 Desember, Patroli Polisi Ditingkatkan

Sejumlah anggota Brimob Polda Papua saat mengikuti apel pengamanan beberapa waktu lalu di PTC Entrop.  Jelang 1 Desember, Polisi tingkatkan patroli. (Elfira/Cepos)

JAYAPURA-Bagi sebagian warga Papua, 1 Desember diperingati sebagai hari kebangsaan dan lahirnya embrio negara. Sebagian orang juga menganggap 1 Desember sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Terkait dengan hal itu, Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol Tri Atmodjo menyampaikan, secara umum situasi Papua aman terkendali meski masih ada gangguan di beberapa lokasi seperti Intan Jaya dan Yahukimo.

“Yang gangguan saat ini hanya di Yahukimo sama Intan Jaya, sementara daerah lainnya di Papua kondusif,” ungkap Tri Atmodjo kepada Cenderawasih Pos, Rabu (24/11).

Untuk mengantisipasi 1 Desember, Tri Atmodjo mengaku Polda Papua melalui Polres Jajaran telah melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Meningkatkan patroli dialogis serta berkomunikasi aktif dengan masyarakat.

“Kita melakukan sambang di daerah-daerah rawan, seperti kegiatan rutin biasa hanya saja ada peningkatan,” kata Tri Atmodjo.

Ia juga meminta anggota di lapangan untuk meningkatkan kewaspadaan dan perbanyak patroli yang bersifat dialogis dengan masyarakat. Untuk daerah-daerah rawan diperintahkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan jangan sampai lengah.

“Walaupun situasi aman tidak menjamin baik-baik saja, harus tetap waspada. Kapolda sudah keluarkan surat telegram untuk pengendalian Miras di jajaran agar memberantas Miras ilegal di seluruh jajaran,” tuturnya.

Secara terpisah, Kapolsek Jayapura Utara, AKP. Jahja Rumra menyampaikan, untuk mengantisipasi 1 Desember, pihaknya tetap melakukan fungsi Binmas dengan menyambangi warga dan melakukan pendekatan.

“Anggota di lapangan patroli rutin, patroli cipta kondisi untuk memastikan situasi di lapangan aman dan kondusif,” ungkap Jahja.

Dilain sisi, ada pembagian tugas. Dimana tugas Intelijen untuk melakukan deteksi dini, tugas Bhabinkamtibmas melakukan pendekatan maupun sambang ke para tokoh, tugas anggota Sabhara melakuka patroli di wilayah hukup Polsek Japut untuk memantau situasi.

“Di wilayah Japut ada beberapa yang perlu kami antisipasi, tapi secara umum wilayah Japut termasuk wilayah yang aman,” pungkasnya. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *