Akses Jalan ke Muara Mulai Dibuka

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, MSi saat melihat persiapan alat berat untuk membuka jalan dari Kampung Minagaima dan Minimo menuju ke Muara, Rabu (24/11). (Denny/Cepos)

WAMENA-Aspirasi masyarakat Distrik Maima yang meminta jalan, akhirnya dapat diwujudkan Pemda Jayawijaya dengan langsung membuka jalan dari wilayah Kampung Minagaima dan Minimo sampai di Muara pertemuan Kali Baliem dan Kali Uwe. Akses jalan ini bisa menjadi jalan lingkar yang digunakan masyarakat.

   Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, Msi mengaku sesuai dengan permintaan masyarakat, maka pemerintah langsung menurunkan alat berat untuk membuka jalan yang akan digunakan menuju ke Kota Wamena.

  “Sudah cukup lama masyarakat menginginkan jalan ini untuk dibuka dimana setiap kunjungan bupati atau wakil Bupati masyarakat selalu meminta untuk membuka jalan  sehingga saat ini baru kita bisa realisasikan langsung menurunkan alat berat,” ungkapnya Rabu (23/11) kemarin.

  Ruas jalan ini melalui Kampung Menagima, Minimo sampai tembus di muara. Bupati mengharapkan pekerjaan ini bisa diselesaikan tahun ini,  agar masyarakat bisa memiliki akses yang lebih dekat ke Kota Wamena. Seluruh warga di Distrik Maima tak perlu lagi melewati jalan utama bila ingin ke Kota.

   Bupati juga menyatakan untuk sebulan ini mungkin adanya konstruksi badan jalan yang diselesaikan terlebih dahulu. Sebab, kebetulan masyarakat juga punya material disini yang sudah disepakati untuk bisa digunakan maka bisa dilakukan.

  “Pekerjaan pembukaan jalan ini swadaya untuk membantu masyarakat dan belum sempat untuk dianggarkan dalam APBD,” ujarnya.

   Ia menyatakan dalam pekerjaan ini memang ada sungai yang cukup besar yang harus dilalui, sehingga untuk pengerjaan jembatannya mungkin akan dianggarkan lewat APBD. Bupati akan minta konsultan melakukan survey. Kalau memang perlu jembatan, maka pemerintah akan menyiapkan jembatan.

  “Kita akan coba melihat kondisi dari jalan ini, kalau memang membutuhkan jembatan maka kita akan membuat jembatan, semua tergantung dari survei yang dilakukan konsultan yang kami miliki,” tutupnya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *