Selain Eksploitasi, Konservasi Air Baku Juga Penting

Para peserta Bimtek Operasi Pemeliharaan Air tanah dan Air Baku pada kegiatan PPK pperasi dan pemeliharaan Sumber Daya Air I  pada BWS Papua Merauke, kemarin. (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Merauke Yulianus Mambrasar, S.ST, M.Si, MT mengungkapkan bahwa Balai Sungai Papua Merauke memiliki wilayah kerja yang cukus luas dengan meliputi 13 kabupaten yang membentang mulai dari daratan rendah sampai pegunungan.  Memiliki karakteristik wilayah masing-masing dengan potensi air baku yang cukup besar.

  “Artinya bahwa air baku ini sangat penting. Kita tidak hanya  mengekspolitasi atau memanfaatkan. Tapi,  kita juga harus memikirkan bagaimana menjaga, melakukan konservasi dan perawatan terhadap air baku,” kata Yulianus Mambrasar saat membuka Bimtek Operasi Pemeliharaan Air tanah dan Air Baku pada kegiatan PPK pperasi dan pemeliharaan Sumber Daya Air I pada Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (SDA) Papua Merauke, Selasa (23/11) kemarin.

   Karena itu, kepada peserta Bimtek, Yulianus Mambrasar mengharapkan mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dengan memberikan masukan, memprogramkan rencana pemerataan air baku kemudian menata kembali satu sistem air tanah terkait dengan petugas. Yulianus Mambrasar mengingatkan bahwa ada perbedaan  sistem pengolahan air minum (Spam), air bersih dan air baku. Untuk air baku menjadi menjadi kewenangan dari SDA.

   Dikatakan, potensi air baku di bagian Selatan Papua sangat besar. Merauke dengan kekhususannya, Asmat, Mappi dan Boven Digoel merupakan daerah rawa yang cukup besar dan menjanjikan. “Sebenarnya, secara hitungan mampu memenuhi kebutuhan air kita. Hanya kita perlu memproteksi  kembali  sistem pengairan yang baik sehingga dapat  dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan irigasi dan juga kebutuhan air baku dalam hal ini  akan kemudian dikembangkan dalam sistem pengolahan air minum.”ungkapnya.

  “ Karena itu, perlu dilakukan  pelatihan sehingga kita hadir untuk memberikan masukan dan data potensi. Tidak hanya dalam rangka pemanfaatannya tapi  juga bagaimana kita melakukan konservasi karena keberlangsungan air ini perlu dijaga dengan baik,” tandasnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *