Jadilah Netizen yang Aktif dan Bijak dalam Bermedia Sosial

Para narasumber, saat berbagi kepada para siswa dan mahasiswa disela-sela kegiatan Program Literasi Digital Kominfo RI yang berlangsung di Hotel Aston, Kota Jayapura, Selasa (23/11). foto Yewen/Cepos

Dari Kegiatan Program Literasi Dgital di Kota Jayapura  – Papua

JAYAPURA- Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menggelar Program Literasi Digital sebagai salah satu upaya terwujudnya

transformasi digital. Melalui berbagai kegiatan literasi digital tersebut, salah satunya adalah kegiatan Literasi Fair 2021 Kominfo berkolaborasi dan bekerjasama dengan mitra atau jejaring Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi secara masif dan meluas di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Tujuan dari dilaksanakannya program literasi digital adalah untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan danmeningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital.

Kepala Dinas Kominfo Kota Jayapura, Binton Nainggolan mengungkapkan, saat ini adalah dunia media media sosial (medsos). Oleh karena itu, hati-hati dalam mengapdate status di medsos masing-

masing. Update status saat ini merupakan tali kepada kaki para remaja dan anak muda saat ini dalam melangkah kedepan.“Perjalanan anak-anak masih kedepan. Perusahaan multi nasional, perusahaan perbankan yang besar untuk mengenal seorang tenaga kerjanya akan melihat melalui update status. Oleh karena itu, hati-hatimengupdate status saat ini,” ungkapnya disela-sela memberikan materi di Hotel Aston, Kota Jayapura, Selasa (23/11).

Nainggolan hal ini penting bagi anak muda saat ini, karena dari hal yang dilakukan paling sederhana di era digital saat ini dapat mempengaruhi masa depan dari penggunanya.“Update status harus lebih bijak lagi, terutama mengupdate hal-hal yang positif dan hindari yang negatif, karena ini akan menentukan masa depan adik-adik,” ujarnya.

Senada dengan itu, salah satu narasumber, Ika Pujiningrum Palimbunga, S.S.,M.Par. (Pesona Pariwisata Papua)meminta kepada para netizen untuk tetap aktif, tetapi bijak dalam menggunakan media sosial (medsos) bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, tetapi bisa berbagi dengan sesama. “Pesan saya gunakan sosial mediamu tidak hanya untuk dirimu sendiri, tetapi bisa berbagi dengan sesama dan harus digunakan untuk hal-hal yang positif,” ujarnya.

Sementara itu, Jasmin Wasaraka (Dosen Komunikasi & Antropolog)yang juga merupakan salah satu narasumber juga mengajak para generasi milenial untuk tidak menunda-nunda  sesuatu, tetapi harus membangun kratifitas dengan membuat konten- konten yang dapat membangun dirinya dan juga orang lain serta berguna bagi sesama.

Kegiatan Literasi Digital Netizen Fair 2021 diadakan selama dua hari secara serempak di 18 kota Indonesia akan dilaksanakan tanggal 23 – 24 November, termasuk di Kota Jayapura. Penyelenggaran LDNF 2021 ini menghadirkan berbagai narasumber mewakili komunitas, akademisi, publik figur, dan para pemangku kepentingan lainnya di bidang literasi digital.

Tema-tema yang akan diangkat dalam kegiatan ini ialah seputar Konten Kreator, Mengenal Lanskap Digital dan Memahami Seluk Beluk Podcast. (bet).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *