Kembali Naik Podium, Alonso Catat Rekor Spesial Ini

Pembalap Alpine Fernando Alonso merayakan podiumnya di GP Qatar (AFP)

JawaPos.com – Juara dunia Formula 1 dua kali Fernando Alonso mencuri panggung di GP Qatar, di tengah persaingan ketat antara Lewis Hamilton vs Max Verstappen. Alonso sukses meraih podium pertamanya sejak GP Hungaria 2014 dengan memainkan strategi satu kali pit stop yang brilian.

Pembalap Spanyol tersebut finis ketiga di belakang Lewis Hamilton dan Verstappen. Capaian tersebut menjadi rekor langka karena sepanjang sejarah Formula 1 hanya ada tiga pembalap berusia di atas 40 tahun yang mampu naik podium.

Alonso sendiri saat ini berusia 40 tahun 4 bulan. Sebelum Alonso, ada Michael Schumacher yang berdiri di podium GP Eropa pada 2012 bersama Mercedes. Saat itu usianya 43 tahun.

Selain itu, ada Nigel Mansel yang memenangi balapan GP Australia pada 1994 saat usianya menginjak 41 tahun.

‘’Rasanya luar biasa. Ini adalah penantian panjang sejak podium terakhirku pada 2014. Jadi aku bahagia bisa meraihnya lagi,’’ ucap Alonso dilansir situs resmi F1.

‘’Kami mengeksekusi balapan ini dengan baik, melalui strategi satu kali pit stop,’’ tambah pembalap Alpine tersebut.

Alonso start dari posisi ketiga di grid GP Qatar setelah mengambil keuntungan dari penalty yang dijatuhkan kepada Max Verstappen (Red Bull) dan Valtteri Bottas (Mercedes).

Keduanya dipenalti start turun lima posisi dan tiga posisi karena melanggar bendera kuning pada sesi kualifikasi Sabtu lalu. Selepas start, Alonso berhasil menyalip Pierre Gasly dan merebut posisi kedua pada lap pertama.

Namun posisinya itu berhasil direbut Max Verstappen yang merangsek dari posisi ketujuh.

‘’Kami sudah merencanakan strategi satu kali pit stop sejak sebelum balapan. Tapi kami belum tahu seberapa cepat ban ini akan habis,’’ terang Alonso yang memulai balapan dengan ban soft.

Di fase akhir balapan, Alonso berhasil mempertahankan posisinya dari buruan Sergio Perez (Red Bull) yang menggunakan ban lebih baru.(JawaPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *