DPMK Gelar FGD Pembentukan Kampung Adat

Suasana FGD pembentukan kampung adat di Swiss-Bellhotel Cendrawasih Biak,  Senin (22/11) kemarin. (Fiktor/Cepos)

BIAK-Pemerintah Kabupaten Biak Numfor mulai mempersiapkan beberapa kampung yang akan menjadi contoh kampung adat. Sejumlah pihak terkait diundang dalam Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang persiapan pembentukan kampung adat di Kabupaten Biak Numfor, di Swiss-Bellhotel Cendrawasih Biak, Senin (22/11) kemarin.

  Selain dari instansi pemerintah terkait, seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK), dalam FGD itu juga dihadiri langsung oleh masyarakat adat, termasuk dari Dewan Adat dan Lembaga Masyarakat Adat Biak.

   “FGD yang kami gelar ini adalah lanjutan dari sebelumnya, diharapkan dengan FGD ini ada sejumlah masukan yang akan menjadi catatan dalam mempersiapkan pembentukan kampung adat dibeberapa wilayah,” kata Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Biak Numfor Melkianus Rumpaidus, S.Sos kepada Cenderawasih Pos, kemarin.

   Dikatakan, setelah draf tentang pembentukan kampung adat dinilai sudah lengkap maka akan diajukan ke Bupati untuk dibuatkan satu payung hukum, minimal diawali dengan sebuah Peraturan Bupati (Perbup) sehingga keberadaan kampung adat bisa langsung ditindaklanjuti.

   “Pembentukan kampung adat kami akan awali dengan Perbup, setelah itu maka akan dipersiapkan drafnya secara lengkap lalu ditindaklanjuti dalam pembuatan Perda,” tandasnya.

Sekedar diketahui FGD itu dibuka langsung oleh Plh. Sekda yang juga adalah Asisten I Setda Kabupaten Biak Numfor, Mahasunu, S.IP.,MM. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *