Bertindak Irup, Siswa-Siswi  SMAN I Merauke Diajak Jaga Keamanan Sekolah 

Siswa-siswi SMA Negeri I Merauke saat mengikuti upacara, dengan inspektur upacara Kasat Binmas Polres Merauke AKP Makruf Soeroto, Senin (22/11). (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Insiden penyerangan yang dilakukan oknum siswa  SMK Santo Antonius Merauke ke SMAN I Merauke membuat pihak Polres Merauke  turun ke kedua sekolah tersebut memberikan pesan-pesan Kamtibmas. Jika  Minggu lalu, alumni  dari SMK Santo Antonius Merauke bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup),  maka untuk SMAN I Merauke  bertindak sebagai Irup adalah Kasat Binmas AKP Makruf Soeroto.

   Kepada  lebih dari 1.000 siswa di sekolah itu,  Kasat Binmas   Makruf Soeroto mengajak seluruh siswa dan siswi di sekolah tersebut untuk menjaga keamanan sekolah baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. “Saya mengajak kita semua untuk menjaga keamanan sekolah baik di dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Kita harus jaga sama-sama,” kata  Makruf Soeroto.

   Makruf Soeroto menjelaskan aman tidaknya lingkungan sekolah, maju tidaknya sekolah  semuanya berada di tangan para siswa  tersebut. Iapun meminta jika ada permasalahan yang  muncul baik antar sesama pelajar maupun dengan pihak lain  untuk  tidak menyelesaikannya sendiri. Tapi harus segera laporkan kepada pihak sekolah  atau guru jika itu masih berkaitan dengan sekolah dan kepada pihak  kepolisian jika tidak berkaitan dengan pihak  sekolah.

   “Jangan tangani sendiri tapi laporkan ke pihak sekolah agar ada penyelesaian permasalahan sehingga masalah itu tidak berlarut-larut.  Kenapa, karena apabila  ada masalah nanti kita yang sudah sendiri,’’ terangnya.

   Selain itu, Makruf Soeroto juga mengimbau kepada siswa siswi tersebut  apabila membawa  kendaraan bermotor untuk selalu  mematuhi peraturan lalu lintas.  Jika mengendarai sepeda motor maka wajib menggunakan helem serta melengkapi kelengkapan administrasi kendaraannya seperti SIM dan STNK agar tidak terhalang ketika dalam perjalanan dari rumah menuju sekolah dan sebaliknya.

  Kepsek SMAN I Merauke Sergius Womsiwor, SPd, menyampaikan  terima kasih ada perhatian yang diberikan oleh Polres Merauke untuk memberikan penyuluhan hukum di bidang kamtibmas tersebut. Sergius menjelaskan bahwa pihaknya juga nantinya akan mengundang  pihak Satlantas untuk memberikan penyuluhan kepada siswa-siswa terkait dengan tata tertib berlalu lintas meski  pihaknya sudah setiap saat  mengingatkan seluruh siswa  untuk selalu taat peraturan dan tata tertib lalu lintas.

   Pada kesempatan tersebut Serigus menjelaskan bahwa sebanyak 1.327 siswa yang ada di sekolah tersebut mengukuti ujian akhir semester atau penilaian  akhir semester (PAS) selama 1 minggu yang dimulai Senin (22/11), kemarin.  “Untuk ujian akhir ini kita bagi dalam 2 sesi setiap harinya. Sesi pertama mulai dari pagi sampai siang. Sedangkan sesi kedua dari siang sampai sore harinya,” pungkasnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *