Serahkan Bonus, Gubernur Enembe Tantang Atlet Tingkatkan Prestasi

Gubernur Papua, Lukas Enembe didampingi Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya saat menyerahkan bonus secara simbolis kepada perwakilan atlet peraih medali emas PON XX 2021. Kegiatan penyerahan bonus dilakukan di Istora Papua Bangkit, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (20/11). (Humas KONI Papua)

JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Papua melalui Gubernur Papua, Lukas Enembe memberikan apresiasi yang tinggi kepada para atlet, pelatih, asisten pelatih dan official yang sudah mengharumkan nama Papua di kancah Pekan Olahraga Nasional atau PON XX 2021 yang baru saja digelar pada bulan Oktober lalu.

Orang nomor satu di Provinsi Papua ini memberikan apresiasi berupa bonus yang begitu fantastis.

Tak tanggung-tanggung, Gubernur Enembe memberikan bonus tertinggi Rp 1 miliar kepada atlet peraih medali emas perorangan, pelatih Rp 350 juta, asisten pelatih Rp 200 juta dan official Rp 20 juta. Kemudian atlet peraih medali emas beregu mendapatkan bonus Rp 650 juta, pelatih Rp 227 juta, asisten pelatih Rp 130 juta dan official Rp 32 juta.

Untuk atlet peraih medali perak perorangan mendapatkan bonus Rp 500 juta, pelatih Rp 175 juta, asisten pelatih Rp 100 juta dan official Rp 25 juta. Kemudian atlet peraih medali perak beregu mendapatkan bonus Rp 325 juta, pelatih Rp 113 juta, asisten pelatih Rp 66 juta dan official Rp 16.250.000.

Sementara atlet peraih medali perunggu perorangan mendapatkan bonus Rp 250 juta, pelatih Rp 87 juta, asisten pelatih Rp 50 juta dan official Rp 12 juta. Kemudian atlet peraih medali perunggu beregu mendapatkan bonus Rp 162 juta, pelatih Rp 56.875.000, asisten pelatih Rp 32.500.000 dan official Rp 8.125.000,.

Pemerintah Provinsi Papua tidak hanya memberikan bonus kepada para atlet peraih medali, tapi Gubernur Lukas Enembe juga memberikan bonus kepada atlet yang gagal menyumbangkan medali bagi kontingen Papua atau atlet non medali senilai Rp 10 juta.

Penyerahan bonus telah dilakukan oleh Gubernur Papua secara simbolis yang dibalut dalam acara malam apresiasi penyerahan penghargaan berupa bonus kepada perwakilan atlet, pelatih dan official kontingen Papua pada PON XX di Istora Papua Bangkit, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (20/11) malam.

“Saya menyampaikan selamat kepada para duta-duta olahraga Papua peserta PON XX. Begitu besar perjuangan kalian, berjibaku tak kenal lelah dan latihan keras demi medali. Puji Tuhan telah mengantarkan Papua pada peringkat keempat dengan perolehan 93 medali emas, 66 medali perak dan 102 medali perunggu. Itu berarti kita telah melampaui target kita yaitu 84 medali emas dan peringkat ke lima. Ternyata torang memang bisa,” ungkap Gubernur Enembe dalam sambutanya.

“Merupakan suatu kebanggaan dan kebahagian saya dapat berada malam ini di antara para juara. Patriot olahraga yang telah mengharumkan nama daerah Papua. Pembagian bonus ini wajar adanya atas usaha dan kerja keras anda para atlet dan pelatih kebanggan Papua,” sambung Gubernur Enembe.

Dengan pembagian penghargaan berupa bonus ini, Gubernur Enembe berharap dapat membawa semangat baru dan suka cita bagi para atlet, pelatih dan official yang akan merayakan natal.

“Saya harapkan ke depan para atlet dan pelatih serta pengurus provinsi cabang olahraga akan berjuang lebih keras demi prestasi yang lebih tinggi lagi. Pembinaan para atlet pun harus terus ditingkatkan. Jangan sia-siakan waktu. Kita mulai dari sekarang, ayo terus berlatih, memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah kita bangun dengan megah ini untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi di tingkat nasional maupun internasional,” tegas Gubernur Enembe.

Gubernur Enembe juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada PB PON XX 2021 dan Sub PB PON Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke yang telah sukses melaksanakan penyelenggaraan pertandingan dengan aman dan lancar.

“Terima kasih juga seluruh masyarakat Papua, kepada TNI-Polri yang telah bekerja keras menjaga keamanan dan ketertiban selama penyelenggaraan PON di Papua. Terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus KONI Provinsi Papua, pengurus provinsi cabang olahraga, Puslatprov KONI Papua yang telah membina dan mempersiapkan atlet-atlet dan para pelatih kita menuju event PON XX,” tutup Gubernur Enembe.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya juga melayangkan pujian kepada seluruh atlet Papua yang sudah berjuang untuk nama baik tanah Papua. Termasuk melampaui target 5 besar yang diberikan oleh Gubernur Lukas Enembe.

“Karena itu, kita berikan applause sebesar- besarnya kepada para atlet, pelatih, asisten pelatih, official Cabor maupun official kontingen yang telah gigih berjuang dengan seluruh kemampuan yang diasah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun hingga titik darah penghabisan,” ungkap Kenius.

“Kita bersama merayakan keberhasilan terbaik, dengan menorehkan banyak sekali prestasi dan juga medali dalam perhelatan multi-event PON XX 2021 Papua. Peristiwa Sejarah ini tidak akan terlupakan namun akan terukir dan tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Semua yang kita dapatkan saat ini bukanlah hal yang mudah untuk diraih, kita semua telah berjuang kurang lebih selama 4 tahun untuk sampai di titik puncak prestasi ini,” ujar Kenius.

Kenius juga menegaskan, jika prestasi Papua di PON XX menjadi bukti bila atlet Papua mampu bersaing dengan atlet-atlet lainnya dari daerah lain.

“Kita telah membuktikan bahwa torang Papua memang bisa bersaing dengan atlet-atlet pulau Jawa dan yang lainnya. Orang Papua bisa menghasilkan prestasi yang luar biasa, orang Papua juga memiliki semangat juang yang tinggi, orang Papua pun, bisa jadi juara! torang bisa,” ucap Kenius.

Kenius juga membeberkan bahwa proses pencairan bonus atlet sudah bisa dilaksanakan Senin (22/11) hari ini. Kenius juga berharap, agar bonus yang diberi oleh Gubernur Papua benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik.

Diketahui bahwa total bonus yang diberikan untuk atlet Papua yang sudah tampil di PON XX 2021 senilai Rp 457 miliar dari APBD Papua. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *