Theo Fillo (Jawa Pos)

JAYAPURA-Persipura Jayapura akan membuka lembaran baru dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2021/2022 pekan ke-13 saat bersua dengan Persikabo 1973 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Senin (22/11).

Pasalnya, ini laga pertama Persipura tanpa Jacksen F. Tiago pasca didepak. Meskipun manajemen Persipura sudah resmi mengontrak Alfredo Vera, namun dia belum bisa dipastikan dapat mendampingi anak asuhnya dalam laga ini. Kemungkinan besar, Persipura akan dinakhodai duo asisten pelatih, Andri Ramawi dan Ridwan Bauw.

Meski ditinggal Jacksen Tiago, Persipura justru berambisi untuk mengakhiri tren buruk mereka. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu ingin menjadikan Persikabo sebagai tumbal kebangkitan mereka.

“Untuk pertandingan besok (Senin, red) anak-anak atau tim ini (Persipura) siap berikan hasil yang terbaik. Karena poin sangat penting untuk mengembalikan kepercayaan diri pemain untuk melangkah pada pertandingan berikutnya,” ungkap asisten pelatih Persipura, Andri dalam zoom meeting, Minggu (21/11).

Menurut Andri, Persipura akan memanfaatkan kondisi calon lawan yang juga dalam kondisi kurang baik. Dimana dalam lima pertandingan terakhir Persikabo kesulitan untuk meraih kemenangan. Persikabo hanya mampu meraih dua poin dalam lima laga terakhir dan menempatkan mereka pada posisi 12 dengan 12 poin.

“Persikabo dari empat pertandingan belum meraih kemenangan. Terakhir mereka ditahan seri PSIS 2-2. Adapun yang membedakan tim kami dengan Persikabo satu saja, mereka masih dengan pelatih yang sama dan kita menunggu pelatih yang baru bergabung,” ujar Andri.

Persikabo juga bukanlah lawan yang mudah dikalahkan oleh Persipura. Melihat pertemuan keduanya dalam enam pertemuan terakhir, keduanya sama-sama saling mengalahkan sebanyak 3 kali. Apalagi dalam laga ini, Persipura masih ‘ompong’. Beberapa pemain kunci belum bisa diturunkan.

Tak tanggung-tanggung, Persipura belum bisa menurunkan 9 pemain kuncinya akibat cedera dan akumulasi kartu merah. Panji Mutiara Hitam yang belum diturunkan di antaranya kapten Ian Louis Kabes, Ricky Kayame, Ricardo Salampessy, Henrique Motta, Donny Monim, Ramai Rumakiek, Todd Ferre, Irsan Lestaluhu dan Imanuel Rumbiak.

“Dari data yang kami terima, sampai saat ini Israel Wamiau dan Theo Fillo sudah bisa bermain, dan pemain lainnya masih dalam penanganan untuk pemulihan cedera,” ujar Andri.

Mantan pelatih Barito Putera itu juga menyebutkan, mepetnya waktu recovery dari pertandingan sebelumnya membuat mereka kini hanya fokus pada pemulihan kondisi timnya.

“Karena jarak pertandingan sebelumnya dengan yang sekarang tidak terlalu jauh, jadi kita fokus bagaimana anak-anak bisa dalam kondisi fit. Jadi beberapa hari ini anak-anak fokus bagaimana mereka bisa maksimal dalam pertandingan besok (Senin, red),” ucap Andri.

Senada dengan itu, gelandang bertahan Persipura, Muhammad Tahir juga menegaskan, meski masa recovery mereka singkat, tapi mereka harus tetap siap untuk meladeni Persikabo.

“Jarak waktu dan pertandingan sebelumnya dan berikutnya sangat mepet, tapi untuk persiapan pertandingan besok (senin-red) kami tetap siap,” pungkasnya. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *