Komisi V DPR Papua Letakan Batu Pertama Pembangunan Asrama 

Anggota Komisi V Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat DPRP Papua, Hengki Bayage, S.AP., M.AP didampingi oleh beberapa Anggota Komisi V bersama para Hamba Tuhan, perwakilan intelektual dari Ikatan Pelajar Mahasiswa Distrik Amuma (IPMDA) Kabupaten Yahukimo di Jayapura dan Perwakilan Panitia Pembangunan Asrama IPMDA melakukan peletakan batu pertama pembangunan Asrama IPMDA di Abe Pantai, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Jumat (19/11). Foto: Yewen/cepos

JAYAPURA- Anggota Komisi V Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat DPRP Papua, Hengki Bayage, S.AP., M.AP didampingi oleh beberapa Anggota Komisi V bersama para hamba Tuhan, perwakilan intelektual dari Ikatan Pelajar Mahasiswa Distrik Amuma (IPMDA) Kabupaten Yahukimo di Jayapura dan Perwakilan Panitia Pembangunan Asrama IPMDA melakukan peletakan batu pertama pembangunan Asrama IPMDA di Abe Pantai, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Jumat (19/11).

Selaku Anggota Komisi V DPRP Papua, sekaligus mewakili Dapil V Meliputi Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang, Hengki Bayage mengungkapkan, dirinya langsung mengambil langkah dengan melakukan peletakan batu pertama terhadap pembangunan Asrama IPMDA di Kota Jayapura.

“Karena selama ini asrama yang disiapkan oleh Pemda Yahukimo di Kota Jayapura tidak cukup untuk ditempati, sehingga akhirnya tindakan saya pertama mewakili masyarakat di sana untuk meletakan batu pertama dan akan mulai di bangun dalam waktu dekat, sehingga tahun depan ditargetkan harus jadi,” ungkapnya.

Hengki menyampaikan, melalui peletakan batu pertama ini teryata banyak sekali sumbangan yang diberikan, baik secara pribadi, kelompok, atas nama organisasi dan keluarga untuk mendukung pembangunan Asrama IPMDA di Kota Jayapura.

“Saya mewakili Anggota DPRP Papua dari Dapil Yahukimo juga secara pribadi saya juga sudah sumbangkan uang  Rp 50 juta sebagai dana awal untuk jalan dan jika masih ada kekurangan itu akan menjadi tanggung jawab saya untuk melakukan loby dengan senior-senior Anggota DPRD yang ada di kabupaten maupun kami yang ada di provinsi untuk mendukung pembangunan asrama ini,” ujarnya.

Mewakili Ketua Komisi V DPRP Papua, Deki Nawipa menyampaikan, pihaknya akan tetap memberikan dukungan terhadap pembangunan Asrama IPMDA bagi para pelajar dan mahasiswa di Kota Jayapura. Karena ini menyangkut dengan pembangunan SDM di tanah Papua.

“Kami sangat memberikan apresiasi kepada teman kami, yaitu Hengki Bayage untuk bagaimana program berpola asrama. Program ini secara pribadi, tetapi kami hadir di sini sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Provinsi Papua,” ujarnya.

Nawipa menyatakan, proposal yang diberikan oleh Pengurus dan Panitia IPMDA secara Komisi V DPRP Papua pihaknya akan membicarakan dengan mitra kerja, sehingga kedepan ada perhatian dalam rangka pembangunan Asrama IPMDA di Kota Jayapura

“Proposal ini sudah kami terima dan pada prinsipnya, kami akan menginformasi kepada pemerintah provinsi dan pemerintah daerah untuk bertanggung jawab untuk rencana yang baik ini untuk generasi muda kedepan, khususnya di daerah Yahukimo,” katanya.

Di tempat yang sama, Pendiri IPMDA Kota Jayapura yang juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Yahukimo, Paul Heluka, S.IP mengungkapkan bahwa umur IPMDA kini berusia 19 tahun. Sejak didirikan pada tanggal 13 Maret 2002. IPMDA ini bertama kali didirikan di Abe Pantai Kota Jayapura.

“Saya pendiri wadah, sehingga saya loby ke pemerintah daerah membeli tanah ini dan jadikan sertifikat tempat ini dengan ukuran 100X80 meter. Saya juga jadi Ketua Panitia di sini. Kini ade Hengki jadi Anggota DPRP Papua membangun Asrama IPMDA di Kota Jayapura,” ucapnya

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Asrama IPMDA di Kota Jayapura, Pinius Bayage menyampaikan terima kasih kepada Komisi V DPRP Papua yang telah membantu. Pihaknya sendiri tidak menyangka jika saat ini terjadi peletakan batu pertama dan begitu banyak sumbangan material maupun non material untuk mendukung pembangunan asrama tersebut.

“Hari ini (kemarin-red) Komisi V DPRP Papua dan semua pihak yang sudah membantu, sehingga sumbangan yang berhasil dikumpulkan adalah 73 juta lebih, semen 705 sak, batu tela 6000 biji, besi 72 batang. Kami hanya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan bantuannya,” ucapnya. (bet/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *