SDM Jadi Kunci Menuju WBK – WBBM

Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) di Kantor BKPP Kota Jayapura, Kamis (18/11). (Humas)

JAYAPURA– Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) di Kantor BKPP Kota Jayapura, Kamis (18/11).

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., menegaskan inti dari tata kelola birokrasi berada pada sumber daya manusia (SDM).

“Perubahan kita lakukan, kuncinya ada pada SDM. Jangan kita canangan BPKK sebagai WBK dan WBBM, tapi ASN masuk kantor jam 10 pagi. Kemudian, masih ada yang mengurus kenaikan pangkat harus membayar. Itu tidak boleh,” ungkap Dr. Benhur Tomi Mano, MM., Kamis (18/11) kemarin.

“Dari pimpinan OPD, sekretaris, kabid, kepala seksi, dan semua ASN harus ada perubahan. Apalagi di kota ini, birokrasi pelayanan ini sudah kita lakukan dengan baik dalam kepemimpinan saya selama 9 tahun belakangan,” tambahnya.

Di antaranya, WTP murni sebanyak 8 kali, LAKIP sudah dilakukan, pencanangan WBK dan WBBM di beberapa OPD sudah juga dilakukan, termasuk di Kodim, Polresta, dan Kejaksaan di Kota Jayapura.

“Jadi harus melayani dengan cepat, tepat, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Kuncinya di SDM untuk lakukan perubahan melalui pembenahan tata kelola birokrasi yang bersih dan melayani,” jelasnya.

Plt Kepala BKN Pusat, Bima Haria Wibisana, yang hadir pada kesempatan itu menambahkan, pencanangan WBK dan WBBM di BKPP Kota Jayapura agar menuju zona integritas. Namun, zona integritas yang dimaksud bukan zona wilayah, tapi zona diri sendiri.

“Zona yang dimaksud ini bukan zona wilayah, tapi zona diri kita. Karena kalau zona wilayah, kalau kita keluar wilayah itu, kita boleh tidak berintegritas. Tapi bukan zonanya yang penting, tapi diri kita yang harus memiliki integritas. Jadi zona itu diartikan sebagai diri kita, sehingga di manapun kita berdiri, integritas itu akan terus dapat dipertahankan,” tambah Bima Haria Wibisana. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *