Resep Anti Gagal Ala Van Gaal Selamatkan Belanda

Louis van Gaal menonton laga Belanda melawan Norwegia dari tribun VIP (ANP SPORT)

JawaPos.com – Keputusan KNVB memilih Louis van Gaal untuk menangani timnas Belanda per 4 Agustus lalu berbuah manis.

Pelatih 70 tahun itu kembali membawa Oranje lolos ke Piala Dunia 2022. Van Gaal adalah tacticus Oranje dalam Piala Dunia 2014, Piala Dunia terakhir yang dimainkan Negeri Kincir Angin.

Semakin istimewa bagi Van Gaal karena laga melawan Norwegia kemarin (17/11) merupakan laga ke-50 dia bersama Oranje. Statistik Van Gaal adalah membukukan 64 persen kemenangan (32 kali menang).

Kelolosan Belanda kemarin tidak bisa dirayakan Van Gaal di lapangan. Ya, mantan pelatih Bayern Muenchen, FC Barcelona, dan Manchester United itu masih harus menggunakan kursi roda lantaran pinggangnya cedera.

Gara-garanya, Van Gaal terjatuh dari sepeda dalam sesi latihan Oranje empat hari lalu (14/11). Tugas di tepi lapangan pun didelegasikan Van Gaal kepada dua asistennya, Danny Blind dan Henk Fraser. Tentu dengan kisi-kisi yang diberikan Van Gaal sebelumnya.

”Secara fisik, aku tentu tidak baik-baik saja. Tetapi, otakku masih bekerja dengan baik untuk memberikan strategi yang tepat,” ujar Van Gaal kepada Sky Sports.

Kiper utama Belanda Jesper Cillessen pun mempersembahkan kelolosan Oranje ke Piala Dunia 2022 untuk Van Gaal.

”Dia sangat berdedikasi untuk timnas dan selalu penuh semangat meski kondisinya tidak baik-baik saja,” ucap kiper Valencia CF tersebut.

Kemarin Cillessen akhirnya memainkan laga pertamanya bersama Belanda sejak UEFA Nations League melawan Italia (15/10/2020).

Cillessen termasuk pemain yang paling banyak membela Oranje asuhan Van Gaal atau 15 laga. Cillessen dipilih Van Gaal lantaran Justin Bijlow yang sebelumnya selalu dipercaya tampil absen karena kondisinya tidak fit.(JawaPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *