Pemkot Raih Penghargaan Cukup Informatif

Sekda Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, saat menerima penghargaan keterbukaan informasi yang diberikan Komisioner Komisi Informasi Provinsi Papua di Gedung Negara, Kamis (18/11) kemarin. (Gratianus silas)

JAYAPURA– Pemerintah Kota Jayapura mendapat penghargaan keterbukaan publik dari Komisi Informasi Provinsi Papua di Gedung Negara, Kamis (18/11) kemarin. Terdapat dua penghargaan yang diterima, yakni penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan keterbukaan informasi cukup informatif, dan penghargaan kepada Sekda Kota Jayapura sebagai informan ahli indeks keterbukaan informasi publick.

“Masih rendah, sehingga kita berkomitmen agar ke depannya kita perbaiki, agar skornya bisa naik pada level yang tinggi,” terang Sekda Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey kepada Cenderawasih Pos, Kamis (18/11) kemarin.

Sekda menambahkan Tapi ini sekaligus menjadi bahan evaluasi Pemkot Jayapura dalam keterbukaan informasi publik, terlebih saat ini penyelenggaraan pemerintahan harus dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Meskipun demikian, diketahui bahwa Pemkot Jayapura sudah menerapkan sistem berbasis online, yang dengan kata lain, semuanya sudah terbuka. Layanan publik seperti Disdukcapil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS), Badan Pendapatan Daerah, dan yang lainnya seperti Badan Kepegawaian, termasuk sistem pengelolaan keuangan daerah, semuanya sudah dilakukan secara online.

“Dengan kata lain, semuanya sudah terbuka. Yang tertutup itu kita buka. Kita sampaikan terima kasih  kepada Komisi Informasi yang bisa memberikan penghargaan kepada Pemkot Jayapura. Artinya, dari 29 kabupaten/kota, salah satu di antaranya Kota Jayapura mendapat penghargaan ini,” pungkasnya. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *