Pemkab akan Evaluasi Pemerintahan Kampung

Plt As 1 Kabupaten Jayapura, Elvina Situmorang (Robert Mboik cepos)

SENTANI– Pelaksana tugas Asisten 1 Setda Kabupaten Jayapura,  Elvina Situmorang mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan terkait tata kelola dan manajemen pemerintahan kampung yang kini mendapat sorotan dari DPRD Jayapura.

Mengingat kampung yang ada ini mengelola dana pemerintah yang cukup besar, maka tentunya menjadi perhatian serius dari pemkab. Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE,M.Si telah  memerintahkan agar ini perlu dilakukan evaluasi terhadap seluruh program-program di kampung.   Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, sarana fisik dan bidang ekonomi.

” Ada 3 bidang utama yang harus kami evaluasi, mulai dari kesehatan, bidang ekonomi, pendidikan,” katanya kepada wartawan di Kantor Bupati Jayapura Kamis, (17/11), kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan program kerja tersebut sudah pasti berhubungan dengan  sistem pemerintahan yang ada di kampung.  Bahkan ke depan, pihaknya juga berencana akan membina dan lakukan monitoring terkait bagaimana jalannya pelaksanaan program dan kegiatan yang ada di setiap kampung.

Apakah penyerapan dan penggunaan dana kampung yang sumbernya dari  APBN dan dana alokasi umum yang ada di kampung seperti Alokasi Dana Desa dan Alokasi Dana Kampung.

“Itu yang nanti harus dikroscek kembali. Apa lagi kita saat ini mendukung setiap kampung dan distrik bahwa semua pelayanan di tingkat kampung itu, cukup sampai di distrik dan tidak lagi sampai di kabupaten,” ungkapnya.

Karena itu, kapasitas distrik juga harus dikuatkan mulai dari SDM-nya, pengetahuannya, keterampilannya dan ini harus dilakukan.  Ini penting, karena ketika pelimpahan kewenangan kepada distrik maka dia juga harus mampu membina sebagai perpanjangan tangan atau penghubung antara kabupaten maupun kampung.

“Saya juga sudah sampaikan ke DPRD bahwa memang banyak kekurangan yang harus kita perbaiki.  Itu juga tidak bisa dilakukan dalam waktu yang sangat cepat, mengingat kampung yang ada di Kabupaten Jayapura cukup banyak yakni 139 kampung,”ungkapnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *