Gunakan Bonus Untuk Beli Rumah Bagi Orang Tua

Stadion Lukas Enembe yang merupakan venue utama pergelaran PON dan Peparnas Papua. (Erik / Cepos)

-Bonus Atlet PON Papua Capai Rp 400 M Lebih

JAYAPURA – Para atlet Papua yang sukses  medali dalam ajang Pekan Paralimpik Nasional atau Peparnas XVI 2021 Papua telah memiliki rencana kedepan setelah mendapatkan kucuran bonus dari pemerintah Papua.

Ada yang memiliki rencana akan menggunakan uang bonus untuk liburan, menikah, modal usaha. Beberapa atlet juga akan memberikan uang bonus kepada keluarga.

Bahkan ada diantara mereka akan menggunakan bonus untuk membelikan rumah bagi orang tua, salah satunya kiper Futsal PON Papua, Ayub Balubun yang sukses menyabet medali emas.

Ayub mengatakan bahwa bonus yang ia terima nantinya akan digunakan untuk membeli sebuah rumah bagi orang tuanya.

Diketahui, pemerintah Papua akan memberikan bonus untuk peraih medali emas perorangan senilai Rp 1 miliar, medali emas beregu Rp 650 juta, perak perorangan Rp 500 juta, perak beregu Rp 325 juta, perunggu perorangan Rp 250,5 juta, kemudian perunggu Rp 162,5. Selain atlet prestasi, Gubernur Enembe juga akan menyiapkan bonus bagi atlet non medali senilai Rp 10 juta.

“Kalau bonus saya paling beli rumah buat orang tua di Jakarta, supaya cari dong (mereka) tempat tinggal yang lebih nyamanlah dari tempat tinggal yang sebelumnya,” ungkap Ayub kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Kamis (18/11).

Ayub juga menuturkan, bahwa keluarganya kini telah menetap di Jakarta. Hanya dia yang kini berada di Jayapura.

Senada dengan itu, kapten Rugby putra PON Papua, Ronald Demena juga mengaku bahwa bonus medali emas yang mereka terima juga akan dipergunakan membangun sebuah rumah.

“Kalau dari saya ya 10 persen sudah pasti untuk perpuluhan untuk Tuhan, sisanya belum ada rencana, tapi mungkin ditabung dan buat rumah kalau cukup,” ucap Demena.

Sebelumnya, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya membeberkan bahwa bonus atlet akan diserahkan pada 20 Desember mendatang.

“Kami sudah rapat dengan pemerintah (Papua), pencairan bonus atlet peraih medali PON akan dibagikan bersamaan dengan ibadah syukuran dan Natal pada tanggal 20 Desember 2021,” ungkap Kenius.

Kata Kenius, bonus untuk atlet PON sudah masuk dalam APBD 2021, sehingga tetap akan dicairkan pada pertengahan Desember. Bonus tersebut sebagai wujud apresiasi pemerintah Papua terhadap atlet berprestasi.

“Kita juga sudah menghitung jumlah bonusnya sebesar Rp 400 miliar lebih, sudah termasuk bonus pelatih, asisten pelatih dan official,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *