DPM-PTSP Tolikara dan Uncen Gelar Pelatihan Komputer

Pimpinan dan staf Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Tolikara saat mengikuti  pelatihan computer di Aula Fakultas MIPA Uncen Jayapura, kemarin. (Diskominfo for Cepos

JAYAPURA-Dalam rangka meningkatkan kapasitas pegawai dalam bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Tolikara dan Universitas Cenderawasih (Uncen) menggelar pelatihan Komputer, selama 5 hari, 15-19 November di Aula Fakultas MIPA Uncen Jayapura.

   Pelatihan komputer diikuti pimpinan dan staf DPM-PTSP sebanyak 10 orang, dengan menghadirkan dua pemateri dari Uncen yakni Supiyanto S.Si.,M.Kom (Ketua Prodi Sistem Informasi) dan Remuz M.B. Kmurawak, ST.,MT (Dosen Prodi Sistem Informasi).

   Kepala DPM-PTSP Kabupaten Tolikara, Tery J. Yikwa, SE diwakili Sekretaris DPM-PTSP, Yohanis Mantong, SE dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan Senin (15/11) mengatakan, TIK memiliki peranan penting dalam pelayanan pemerintahan dewasa ini. Kemajuan TIK telah diadopsi untuk menunjang kinerja pemerintahan melalui program e-Government (e-Govt).

   “Hampir semua pelayanan pemerintah sekarang menggunakan sistem digital. Mau tidak mau, semua pegawai dituntut untuk memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sarana TIK agar bisa bekerja secara maksimal,” ucap Yohanis Mantong.

   Oleh karena itu, lanjut Yohanis Mantong, kegiatan pelatihan komputer bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis bidang TIK bagi ASN DPM-PTSP. Hal ini sangat penting mengingat pelayanan perizinan dan promosi potensi daerah telah berubah dari manual ke sistem online.

   “Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Uncen atas kerja sama yang baik ini. Kepada seluruh peserta, kami berharap agar bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik, agar bisa menerapkan pengetahuan yang didapat saat kembali ke tempat tugas nanti,” kata Yohanis Mantong.

   Pada kesempatan yang sama, Dekan FMIPA Uncen, Dr. Dirk Y. P. Runtuboi, M.Kes mengatakan, kemajuan teknologi informasi telah membawa perubahan dalam semua aspek kehidupan saat ini. Setiap orang, dimanapun dia berada harus berusaha menyesuaikan diri dengan teknologi terbaru.

   “Oleh karena itu pelatihan ini sangat penting bagi kita semua, khususnya bagi ASN dalam menjalankan tugas layanan pemerintahan. Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan staf DPM-PTSP Tolikara yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk membagi pengetahuan tentang komputer,” ucapnya.

   Sementara itu, Ketua Prodi Sistem Informasi FMIPA Uncen, Supyanto, S.Si.,M.Kom kepada media mengatakan, materi pelatihan berupa modul yang disediakan panitia antara lain terdiri dari pengenalan tentang sistem operasi komputer dan pelatihan operasi Microsoft word, powerpoint dan excel pada sistem windows terbaru.

    Seperti diketahui, visi pembangunan Kabupaten Tolikara dalam kepemimpinan Bupati Usman G. Wanimbo, SE.,M.Si dan Wakil Bupati Dinus Wanimbo, SH.,M.H saat ini adalah: Terwujudnya Kabupaten Tolikara Yang Maju Unggul dan Mandiri. Salah satu langkah strategis Pemkab Tolikara dalam rangka mewujudkan visi tersebut yakni mengembangkan kualitas SDM, melalui upaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparatur pemerintahan daerah. (Diskominfo Tolikara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *