BPBD Minta Warga Waspada Bencana

Amsal Wamo (Denny/ Cepos)

WAMENA-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayawijaya mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran kali Baliem dan Lereng gunung untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya pada dua bulan musim penghujan di akhir tahun ini. Sebab Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan kepada BPBD.

  “Berdasarakan informasi dari BMKG, warga  yang berdomisili di pinggiran Kali Baliem dan punggung gunung untuk lebih mewaspadai adanya bencana. Sebab dalam musim penghujan ini tidak menutup kemungkinan bisa terjadi bencana banjir dan longsor,”ungkapa Kepala BPBD Kabupaten Jayawijaya Amsal Wamo Kamis (18/11) kemarin.

  Menurut Amsal, peringatan  dari  prakirawan cuaca BMKG ini tidak hanya bagi masyarakat di Jayawijaya tetapi juga semua kabupaten yang ada di Wilayah Lapago. Dimana, intensitas hujan bulan November dan Desember ini akan  meningkat. Karena itu, perlu langkah-langkah peringatan dini dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

   Ia juga menyatakan karena musim penghujan ini hampir merata di seluruh Indonesia, maka pihaknya dari BPBD Jayawijaya juga bakal mengeluarkan langkah-langkah peringatan dini contoh untuk warga yang tinggal di bantaran Kali Baliem jangan dulu membuka lahan di pinggiran kali. Sebab apabila banjir datang maka tanaman itu akan mati dan gagal panen. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *