Tahun 2022 Atlet NPC Kembali Latihan

Atlet balap kursi roda NPC Papua saat melakukan latihan di Stadion Mahacandra Uncen Waena beberapa pekan lalu (Erik / Cepos)

JAYAPURA – NPC Papua menorehkan tinta emas pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021. NPC Papua sukses menjadi juara umum dalam pesta olahraga empat tahunan kaum disabilitas tersebut. Papua sukses menjadi juara umum dengan torehan 127 medali emas, 86 medali perak dan 93 medali perunggu.

Sukses menjadi juara umum di rumah sendiri, NPC Papua bertekad untuk mengulang kisah manis itu saat pelaksanaan Peparnas XVII Aceh – Sumatera Utara pada tahun 2024 mendatang. Selain memiliki data atlet potensial, NPC Papua juga berencana mulai melakukan persiapan di tahun depan (2022).

“Kami sudah punya data-data peraih medali, dan itu akan kita pertahankan. Bisa saja di tahun besok (2022) misalnya, mereka mulai melakukan latihan berjalan. Mungkin satu minggu berapa kali dan kembali ke rumah belum di inapkan,” ungkap Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Hotel Sahid Entrop, Rabu (17/11).

Tapi Kata Jaya Kusuma, latihan terpusat kemungkinan akan diterapkan oleh NPC Papua sejak 2 tahun jelang pelaksanaan Peparnas XVII Aceh – Sumut.

“Biarkan atlet enjoy dulu, tapi tahun depan kita akan lihat, kalau ada yang dipanggil ke Pelatnas, kita kirim untuk TC terpusat. Dan persiapan untuk ke Medan dan Aceh mungkin 2 tahun sebelum pelaksanaan,” ujar Jaya Kusuma.

Jaya Kusuma juga menyebutkan, jika saat ini beberapa atletnya telah kembali ke daerah masing-masing. Namun mereka akan kembali dikumpulkan saat penyerahan bonus pada awal tahun 2022 mendatang.

Jaya Kusuma juga membeberkan bahwa, NPC Papua akan memanfaatkan venue-venue yang sudah ada di Papua. Sehingga menurut Jaya Kusuma, NPC Papua akan lebih banyak melakukan pemusatan latihan di Papua.

“Sudah pasti kita akan TC terpusat di Papua, karena semua fasilitas sudah lengkap. Tapi kita juga tetap keluar saat melakukan try out agar atlet benar-benar siap untuk menyambut Peparnas XVII Aceh – Sumut,” pungkasnya (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *