Persipura Jayapura Muhammad Tahir (kiri) Madura United Hugo Gomes (kanan) FOTO: SALMAN TOYIBI/JAWA POS

Boaz Solossa (Instagram Borneo FC)

JAYAPURA-Seri ketiga Liga 1 2021/2022 mulai digelar. Persipura Jayapura akan mengawali seri ketiga ini dengan menantang tuan rumah Borneo FC di Stadion Maguwoharjo Yogyakarta, Kamis (17/11) malam ini.

Persipura yang saat ini menghuni dasar klasemen sementara Liga 1 2021/2020 akan berusaha untuk mengakhiri trend buruk mereka dalam 5 pertandingan selalu menelan kekalahan.

Namun tidak mudah bagi anak-anak Mutiara Hitam julukan Persipura Jayapura untuk mencuri poin di laga ini. Bahkan laga ini bisa menjadi mission impossibble atau misi yang mustahil bagi anak asuh Jacksen F Tiago untuk mencuri poin.

Pasalnya, Persipura selalu kesulitan untuk mengalahkan Borneo FC sejak 3 musim terakhir.

Dari empat pertemuan keduanya, Persipura belum mampu mengatasi permainan dari Borneo FC. Tercatat, dari empat pertemuan, Persipura hanya mampu menahan imbang Borneo FC dua kali dan dua kali menelan kekalahan.

Persipura terakhir kali merasakan keganasan Borneo FC pada kompetisi Liga 1 2020 silam. Kala itu Persipura takluk dengan skor 2-1.

Selain itu, Borneo FC yang bercokol pada peringkat 11 berambisi untuk meraup tiga poin agar bisa merangsek ke papan atas. Apalagi Borneo FC juga sedang dalam trend baik pasca mengalahkan PSIS Semarang di laga sebelumnya.

Disamping dihantui rekor buruk, Persipura juga dalam kondisi kurang baik dalam laga ini. Persipura dipastikan tidak akan diperkuat beberapa pilarnya. Tak tanggung-tanggung, Mutiara Hitam tidak akan diperkuat 11 pemain sekaligus.

Adapun 11 pemain tersebut ialah Ian Louis Kabes, Ricky Kayame, Ricardo Salampessy, Henrique Motta, Donni Monim, Israel Wamiau, Ramai Rumakiek, Todd Ferre, Irsan Lestaluhu, Theo Fillo dan Immanuel Rumbiak. Todd Ferre, Isran Lestaluhu dan Israel Wamiau absen karena masih menjalani hukuman akumulasi kartu merah. Sementara pemain lainnya mengalami cedera.

Dari 11 pemain yang absen, Persipura diperkirakan akan krisis pemain pada lini belakang dan tengah. Tentu bukan pekerjaan mudah bagi Persipura untuk meladeni permainan agresif dari Borneo FC.

Pertandingan yang rencananya dimulai pukul 20.15 WIT ini juga akan menjadi partai emosional bagi Boaz Solossa yang kini memperkuat Pesut Etam julukan Borneo FC.

Pasalnya, sejak didepak dari skuad Mutiara Hitam julukan Persipura. Ini kali pertama Boaz Solossa akan menghadapi mantan tim yang sudah membesarkan namanya itu.

Meski tidak dalam kondisi yang baik, juru taktik Persipura, Jacksen F. Tiago tetap mengaku timnya sangat siap untuk meredam permainan dari panji Pesut Etam.

“Persiapan kita berjalan baik, tidak ada kendala. Ada beberapa pemain yang absen tapi kita tetap menjalankan rencana kita seperti mestinya tanpa gangguan apapun,” ungkap Jacksen dalam zoom meeting, Rabu (17/11).

Pelatih asal Brasil itu menyebutkan, meski kehilangan 11 pilarnya, namun Jacksen yakin pemain lainnya juga siap menjalankan strategi yang akan diterapkan.

“Pertandingan ini ada 11 pemain yang absen, ada yang cedera dan hukuman kartu. Tapi apapun rintangan yang ada kita siap menurunkan pemain terbaik kita, meski ada pemain yang absen. Tidak ada keraguan apapun, dan saya yakin pemain yang kami turunkan itu adalah pemain yang siap untuk bermain,” ujar Jacksen.

Disinggung soal sosok Boaz Solossa, Jacksen menegaskan bila pertandingan ini tidak ada yang spesial. Pelatih berusia 53 tahun itu menyebutkan tidak menyiapkan strategi khusus untuk mantan anak asuhnya itu.

“Kalau saya tetap sebuah partai normal, saya selalu sampaikan bahwa 17 kontestan lain berbahaya dan tidak ada hal berbeda dengan pertandingan lain,” kata Jacksen.

Soal Borneo FC, Jacksen mengaku bahwa Borneo FC merupakan salah satu kandidat kuat yang dijagokan untuk menjadi juara musim ini.

“Mereka (Borneo FC) tim yang kuat, dan awal musim banyak yang menjagokan mereka calon juara dan kita melihat tim yang mengancam kami dalam rencana kami musim ini,” tegas Jacksen.

Senada dengan itu, salah satu pemain Persipura, Brian Fatari juga menegaskan bahwa mereka sudah sangat siap untuk melakoni pertandingan malam ini.

“Kami semua (pemain) sangat siap untuk pertandingan besok (kamis-red) saat menghadapi Borneo FC,” pungkasnya.

Sementara itu, pelatih kepala Borneo FC, Risto Vidakovic menegaskan bahwa mereka ini melanjutkan trend buruk Persipura untuk mendongkrak posisi mereka menuju papan atas.

“Kami akan coba melanjutkan trend positif kami. Semua pemain siap, dan kami tidak ingin pikir kondisi tim lawan. Kami akan siap untuk melanjutkan kemenangan,” pungkasnya. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *