Keselamatan di Jalan Raya Harus Jadi Prioritas Utama 

Satuan Lalu Lintas Polres Merauke saat memberikan sosialisasi keselamatan kepada para sopir Hilux jurusan Merauke-Boven Digoel di Terminal  Baru, jalan Pemuda Merauke, Rabu (17/11) kemarin. (Sulo/Cepos)

Operasi Zebra Tanpa Penindakan, Fokus Edukasi dan Sosialisasi

MERAUKE– Satuan Lalu Lintas Polres Merauke mendatangi Terminal  Baru di jalan Pemuda Merauke. Terminal Baru di jalan Pemuda tersebut dikhususkan bagi kendaraan penumpang jurusan Merauke-Boven Digoel serta pikap. Diketahui bahwa selama ini  kecelakaan lalu lintas  tersebut sering terjadi di jalan Trans Papua  Merauke-Boven Digoel.

  Sosialisasi ini diberikan langsung oleh Kaur Bin Ops Lantas Iptu Purwantoro.  Ditemui disela-sela sosialisasi ini,  Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum melalui Kasat Lantas AKP Novita Dian Piterzs didampingi KBO Iptu Purwantoro menjelaskan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan ini dalam rangka operasi Zebra tahun 2021.

   Sebab sesuai dengan perintah dari Korlantas Polri bahwa  operasi ini dimaksudkan untuk memberikan sosialisasi sehingga penindakan ditiadakan. “Penindakannya ditiadakan.  Kita berharap dengan operasi ini, kesadaran masyarakat bertambah atau memiliki kesadaran bahwa mengutamakan keselamatan itu sangat penting,” tandasnya.

   Purwantoro menjelaskan bahwa pihaknya kali ini memilih para Sopir Hilux jurusan Merauke-Boven Digoel, karena  belakangan ini telah terjadi beberapa kali kecelakaan lalu lintas  dengan korban meninggal. “Kita terus mengingatkan supaya kita selamat semua di perjalanan, khususnya bagi penumpang dan pengendara lainnya. Karena faktor keselamatan di jalan adalah  yang paling utama,” terangnya.

   Purwantoro menjelaskan bahwa kecelakaan yang terjadi di jalan Trans Papua tersebut disebabkan beberapa faktor, diantaranya masalah jalan yang cukup panjang dengan cuaca yang terkadang tidak menentu.  “Sehingga kita ingatkan kepada para sopir bahwa keselamatan di jalan raya yang paling utama,” katanya.

   Menurutnya,  dengan  jarak tempuh cukup jauh sebaiknya istirahat di dua titik, misalnya Merauke-Tanah Merah setidaknya  istirahat di simpang  tiga dan  istirahat kedua di Muting supaya fresh  semuanya baik itu penumpang, sopir maupun kendaraannya. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *