Hentikan Pembangunan Gazebo di Tempat Wisata

Jhon Wiklif Tegai (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Jhon Wiklif Tegai mengatakan, pihaknya tidak lagi membangun gazebo di tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Jayapura.  Menurutnya, hal itu belum memberikan dampak yang signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

” Ini supaya masyarakat tahu, homestay atau gazebo itu tidak lagi seperti barang yang harus disiapkan oleh Dinas Pariwisata.  Itu tidak lagi,” kata Jhon Wiklif Tegai kepada media ini, belum lama ini.

Menurutnya, sampai saat ini sudah lebih dari 100 gazebo yang dibangun oleh pemerintah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura.  Namun tidak ada satu rupiah pun yang masuk ke kas pemerintah dari kehadiran fasilitas tersebut di setiap tempat wisata yang ada.

“Pertama, hampir 100% gazebo yang dibangun itu belum digunakan. Bahkan bantuan perlengkapan di gazebo itu seperti kulkas, TV dibawa oleh oknum masyarakat ke rumahnya,” katanya.

Karena itu, dia memastikan akan menghentikan pembangunan gazebo, karena tidak memberikan manfaat, hanya mengejar fisik saja.  Yang mulai dilakukan pihaknya saat ini adalah melakukan konsolidasi suprastrukturnya. Mulai dari sistem pembinaan pelayanan sampai adanya pemasukan uang dari objek wisata itu ke kas daerah.” Itu yang saya pikirkan sekarang,” singkatnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *