Dinas Perikanan Mambra Latih Warga Danau Bira Budidaya Ikan Tawar 

Dinas Perikanan menggelar sosialisasi Pemberdayaan Budi Daya Ikan Kecil di Kampung Danau Bira, Selasa (16/11) kemarin. (Willy for Cepos)

BURMESO-Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mamberamo Raya bekerja sama dengan Balai Benih Ikan Tawar Kota Jayapura menggelar kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Pembudidaya ikan kecil di Kampung Danau Bira, Selasa (16/11). Selain menggelar sosialisasi, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mamberamo Raya juga melepas  1000 ekor bibit ikan Nila di Danau Bira.

   Kepala Bidang Budi Daya Ikan Tawar Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mamberamo Raya Everd Merany mengungkapkan tujuan digelarnya sosialisasi budi daya ikan tawar di kampung Danau Bira tersebut bertujuan untuk mengajar dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana cara memelihara ikan dikeramba yang baik.

   “Tujuan kami menggelar sosialisasi Pemberdayaan Pembudidaya ikan kecil ini agar ada pemahaman dan pengetahuan yang baik kepada masyrakat di 4 kampung yang ada di Danau Bira ini agar kedepan mereka bisa mandiri dan tau memelihara dikeramba, agar tidak saja masyarakat hanya bisa mengambil tapi juga untuk memelihara ikan di Keramba,” jelas Everd Merani.

  Menurut Everd Merani bahwa sejak tahun 2017 lalu, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mamberamo Raya  telah membangun Keramba ikan di Danau Bira, namun hingga saat ini Dinas tidak pernah datang untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana cara memelihara ikan dikeramba yang baik sehingga masyrakat pun kesulitan.

  “Kami melakukan sosialisasi, tetapi  juga kami menyiapkan 1000 ekor bibit Ikan Nila  dan sudah kami lepas ke Danau Bira agar dapat berkembang biak sehingga kedepan Danau Bira bisa sentra perikanan dan dapat menggerakan ekonomi kerakyatan masyarakat. Kami juga akan melakukan kegiatan yang sama di Kampung Kapeso dan menggelar pelatihan Budi Daya Kepiting di Kampung Rawiwa ,” terang Everd Merani dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Rabu (17/11) kemarin.

   Sementara itu salah satu Warga Kampung Danau Bira Jimy Silo menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perikanan yang telah datang menggelar sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat bagaimana cara memelihara ikan tawar yang benar di Keramba

  “Kami sangat mendukung program yang diturunkan di Kampung Danau Bira ini, kalau boleh Dinas datang melakukan sosialisasi tetapi juga memberikan alat-alat tangkap yang memadai kepada kami, karena selama ini mereka datang trus tidak kembali untuk memberikan peralatan sehingga kami masyrakat kesulitan dalam melakukan budi daya ikan dikeramba ,” jelas Zeth Silo

   Kepala Kepala Balai Benih Ikan Tawar Kota Jayapura Herman Koyari, S.Pi mengakui potensi perikanan di Kampung Danau Bira cukup menjanjikan, namun akses pasar merupakan satu kendala utama yang dihadapi masyarakat diwilayah itu.

   Oleh sebab itu kerjasama yang baik antar lintas sektor OPD maupun perhatian Pemerintah Daerah sangat diharapkan untuk menyiapkan saranan dan prasarana pendukung agar potensi alam baik perikanan maupun pertanian dapat dipasarkan ke kota guna meningkatkan  ekonomi masyarakat.

   “Potensi perikanan di Danau Bira cukup menjanjikan, masyarakat memiliki kemampuan untuk menangkap hasil yang cukup banyak. Hanya saja selama ini masyarakat kesulitan akses pasar karena sarana transportasi maupun jalan tidak mendukung. Kita berharap ke depan ada perhatian pemerintah Daerah agar Danau Bira ini bisa menjadi lumbung perikanan bagi Mamberamo Raya maupun dapat dikirim ke luar ,” tandas Herman Koyari.(*/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *