Belum Ada yang Tergarap, Ketua DPR Minta Jangan Terlalu Mahal

Abisai Rollo (Gamel Cepos)

JAYAPURA – Tak dipungkiri bahwa hingga kini sektor wisata di Kota Jayapura dari aspek pendapatan daerah belum tergarap maksimal. Padahal ada banyak spot  wisata yang bisa dijadikan potensi untuk mendongrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga perlu dipikirkan bagaimana ada strategi baru untuk menggali PAD tersebut.  Ini juga menjadi buah pikiran di DPRD Kota Jayapura yang berharap tahun 2022 sektor wisata sudah bisa mendatangkan PAD.

Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo menyampaikan bahwa saat ini ada beberapa kampung yang memang sudah menjadi kampung wisata dan sebagian  besar berada di pesisir. “Lokasinya jelas dan pengunjungnya juga jelas dimana setiap akhir pekan itu banyak sekali yang datang. Nah seharusnya ini bisa dikelola dan kami harap sudah bisa segera,” kata Abisai Rollo disela – sela penutupan rapat paripurna di Hotel Horison Abepura, Selasa (16/11). Sebagai Ketua DPRD ia juga berharap masyarakat yang punya daerah pantai yang menjadi lokasi wisata agar jangan sampai pengunjung atau orang yang datang justru diberi tarif yang mahal.

“Ia (pengunjung) datang, parkir, duduk semua dinilai. Saya pikir tidak semua harus dibebankan dengan biaya yang mahal dan khusus Skow saya sudah sampaikan agar tidak boleh menagih terlalu mahal bagi pengunjung. Jadi sekalipun sedikit jika berlanjut atau datang terus saya pikir itu jauh lebih baik dibanding  dibayar besar tapi hanya saat itu dan besok – besok orang sudah tidak mau datang,” rincinya. Lalu untuk pengelola tempat wisata juga wajib memberi rasa aman agar pengunjung merasa nyaman. Jangan biarkan orang mabuk di kawasan sendiri sebab dengan sendirinya nanti orang (pengunjung) malas untuk datang lagi.

“Ini juga masalah dan kebiasaan yang masih terjadi. Lokasi wisata dijadikan tempat untuk pesta miras akhirnya lambat laun orang malas datang karena merasa tidak nyaman. Saya pikir kita perlu belajar bagaimana mengelola lokasi wisata secara professional,” imbuhnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *