Banyak Kampung Tidak Jalankan Roda Pemerintahan

Konstan Daimoi (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Anggota DPRD Jayapura,  Konstan Daimoi mengatakan, banyak kampung di sejumlah distrik di Kabupaten Jayapura tidak menjalankan roda pemerintahan dengan baik sesuai, mekanisme yang ada.

“Banyak aparat pemerintah kampung dan Bamuskam, dua tahun terakhir ini tidak pernah ada Bimtek baik dari distrik maupun Pemkab berdasarkan hasil Kunker kami,”ungkap Konstan Daimoi kepada wartawan di Sentani, Rabu (17/11).

Dia mengatakan,  proses dan mekanisme ini perlu dilakukan agar pelaksanaan pembangunan di tingkat kampung itu benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.  Bahkan dia menyoroti pelaksanaan Musrenbang di tingkat kampung yang juga tidak sesuai mekanisme dan tahapannya.

Dia juga menjelaskan, sangat penting bagi aparat pemerintah kampung untuk melaksanakan mekanisme dalam rangka penyelenggaraan Musrenbang itu.

Untuk pelaksanaan Musrenbang itu semestinya kepala kampung harus mengeluarkan jadwal Musrembang.  Kemudian kegiatan pra Musrenbang di tingkat RT/RW, pemuda, perempuan, adat, agama, koperasi PKK, Posyandu, PAUD dan lain-lain.  Selanjutnya Musrenbang di tingkat kampung akan dibuka oleh kepala distrik atau kepala kampung dan selanjutnya dipandu oleh lembaga perencanaan masyarakat kampung.  Di mana lembaga ini kedudukannya sama dengan Bappeda di tingkat kabupaten yang mana Tupoksinya sama, hanya saja berbeda ruang lingkupnya.

“Kemudian ada tim yang dibentuk untuk merumuskan dan membentuk dokumen rencana kerja pemerintah kampung,  ada juga tim untuk membahas APBK,” jelasnya.

Dokumen itu saja diserahkan kepada Badan Musyawarah Kampung(Bamuskam) yang mana Bamuskam inilah yang kedudukannya sama seperti DPRD yang juga mempunyai Tupoksi yang sama.

Karena itu, dia mengharapkan kepada pemerintah distrik dan juga kabupaten agar perlu melaksanakan Bimtek bagi aparat kampung terkait dengan pemberlakuan peraturan yang baru yang harus diterapkan di setiap kampung. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *