Sumbang 3 Medali Emas, Daniel Berharap Masuk Pelatnas

Daniel Uyo (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Daniel Wilson Uyo sukses memborong 3 medali emas para Panahan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 Papua. Daniel Uyo melengkapi 11 perolehan medali emas para panahan NPC Papua.

Daniel Uyo menyabet 3 medali emas dari nomor total perorangan, beregu dan mixed team. Capaian tersebut terbilang istimewa, mengingat Peparnas XVI 2021 merupakan ajang perdana bagi Daniel Uyo.

Pria berusia 27 tahun itu berharap, apa yang sudah ia torehkan bisa menjadi pertimbangan bagi NPC Indonesia. Ia mengaku sangat berambisi untuk memperkuat para panahan NPC Indonesia di kancah Internasional.

“Tampil di Pelatnas tentu menjadi harapan seluruh atlet. Termasuk saya, saya berharap bisa masuk dalam Pelatnas untuk memperkuat Indonesia pada ajang-ajang dunia,” ungkap Daniel Uyo.

Sejatinya, Daniel Uyo merupakan atlet penyandang disabilitas sejak mengalami kecelakaan lalu lintas pada tahun 2016 lalu. Sebelumnya, Daniel merupakan atlet sepak bola, ia sempat menjadi bagian dari Persipura U-15 dan U-18.

Menyadari harapannya sebagai pesepakbola sudah sirna, ia pun mendapatkan kesempatan manis untuk bergabung bersama NPC Papua sejak 2019 lalu.

Daniel Uyo juga menyampaikan, bahwa kekurangan bukan sebagai alasan untuk menorehkan prestasi. Ia mengajak kepada seluruh penyandang disabilitas lainnya untuk tidak menjadikan kekurangan sebagai alasan untuk tidak berbuat apa-apa.

Sebelumnya, Ketua NPC Papua, Senny Marbun mengatakan bahwa Peparnas XVI Papua menerapkan aturan baru. Dimana atlet berlabel timnas hanya dibolehkan turun pada satu nomor pertandingan.

“Kita lakukan itu, untuk memberikan kesempatan kepada atlet lainnya. Karena kita (NPCI) ingin melakukan regenerasi,” pungkas Seny Marbun. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *