Dinilai Berhasil Lakukan Pembangunan Berbasis Sosio-Kultural

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si (Robert Mboik Cepos)

SENTAN-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw  kembali menerima penghargaan “Breakthrough Award on Sociocultural Based Development 2021” di ajang CNBC Award 2021 “Kebangkitan Ekonomi Daerah pasca pandemi yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (15/11).

Penghargaan tersebut berhasil diraih setelah Bupati  Mathius Awoitauw sebagai penggagas Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) di Kabupaten Jayapura dianggap berhasil menunjukkan prestasi dalam pembangunan dengan pendekatan atau berbasis sosio-kultural.

“Saya juga bingung ya, penghargaan ini karena apa yang menjadi penilaiannya. Tetapi dari beberapa kategori ini, kita bisa lihat bahwa pembangunan dengan sosio-kultural. Artinya, kita bicara tentang masyarakat adat. Nah, itu kita bicara partisipasi murni masyarakat untuk pembangunan,” terangnya di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura.

Menurut Bupati Mathius, di Papua saat ini sedang menghadapi tantangan berupa kepastian terhadap keterlibatan masyarakat secara aktif dan salah satunya adalah kepastian lahan.

“Dari yang tidak pernah didokumentasikan atau hanya bicara secara lisan. Misalnya, batas saya di sini, yang hanya main tunjuk-tunjuk saja dan besok satu lagi datang tinggal main tunjuk di tempat yang sama lagi, sehingga tidak pernah selesai konflik-konflik agraria tersebut,”ungkapnya. Oleh karena itu, pemetaan yang dilakukan ini luar biasa memberikan dampak yang besar terhadap kepastian hukum, juga kepastian untuk membangun apapun di atas lahan itu untuk masa depan mereka.

Untuk itu, Mathius mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada CNBC Indonesia yang telah memberikan apresiasi kepada dirinya.

“Apresiasi tersebut sangat mendorong kami semua yang ada di Pemkab Jayapura untuk terus melakukan pelayanan dan pembangunan dengan melibatkan masyarakat secara aktif. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada pihak CNBC yang sudah memberikan penghargaan ini kepada saya,”pungkasnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *