Bupati Yuni: Pemerintah dan Gereja Harus Bersinergi

Pdt. Usman Kobak Wakil Presiden GIDI saat memberikan sambutannya  pada acara peletakan kayu dan batu pertama pembangunan Gedung Klasis Gurage, Selasa (9/11) pekan kemarin. (Humas for Cepos)

Dari Peletakan Kayu dan Batu Pertama Gereja/Kantor Klasis Gurage

MULIA-Peranan gereja dalam lingkup Pemerintahan sangatlah penting demi menunjang pelayanan kepada masyarakat pada rana kerohanian. Karena itu,  Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM berkunjung ke Distrik Gurage guna melaksanakan Peletakan Kayu dan Batu Pertama pembangunan gereja/Kantor Klasis Gurage yang dirangkaikan dengan Ibadah Peresmian Ruang makan dan Ruang inap Klasis Gurage dan pembukaan Konferensi BPL GIDI guna pemilihan Ketua Klasis Gurage, Selasa (9/11).

   Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Tumiran, S. Sos, M. Si, Wakil Ketua II DPRD Yoranius Wonda, Wakapolres PJ Kompol Philip M Ladjar, SH, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Rofi Irwansyah, S.IP, M.Si. Hadir pula penasehat senior GIDI Pdt. Wupu Game dan Wakil President GIDI Pdt. Usman Kobak, S. TH, M. Th, Ketua GIDI wilayah Yamo Pdt. Yason Wonda didampingi Ketua Klasis GIDI mulia Pdt.Telius Wonda.

  Sesaat setelah tiba di lokasi acara, Bupati Yuni Wonda seketika langsung dipikul oleh masyarakat Gurage yang hadir. Keadaan seketika menjadi riuh dan ramai membuat protokol bingung dan panik.

   Salah seorang masyarakat yang ikut mengarak Bupati keliling lapangan mengaku senang dan bangga kepada Bupati karena jasa dan kinerja yang diberikan kepada masyarakat dan gereja. Menurutnya hal itu merupakan ungkapan syukur dan siap mendukung kepemimpinan Bupati Yuni Wonda.

  Peletakan Kayu Pertama sebagai tanda pondasi utama pembangunan gereja/Kantor Klasis Gurage dilakukan oleh Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM. Dilanjutkan dengan peletakan kedua oleh Wakil President GIDI Pdt. Usman Kobak, Wakil Ketua II DPRD Yoranius Wonda, Ketua Wilayah Yamo Pdt. Yason Wonda, Wakapolres Puncak Jaya, Dandim 1714/PJ. Ikut pula kemudian Perwakilan 5 Gembala Daerah GIDI yang ikut melakukan peletakan batu pertama disaksikan oleh seluruh tamu undangan dan jemaat serta masyarakat yang hadir.

   Dalam laporannya, Pdt. Yason Wonda menjelaskan bahwa di dalam pembangunan tersebut Bupati, DPRD, Kepala Distrik, Kepala Desa, Masyarakat, Gembala, dan Majelis ikut terlibat didalamnya. Dirinya juga membeberkan total pembiayaan pembangunan sebesar Rp 1,9 Miliar   yang berasal dari berbagai pihak di luar bantuan tenaga, bahan pangan, bahan dan material yang disumbangkan.

   Sementara Wakil President GIDI Pdt. Usman Kobak yang juga hadir dalam kegiatan tersebut bersyukur bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk pembangunan ini, itu semua dapat dikerjakan hanya karena kebersamaan. Wapres GIDI juga menambahkan bahwa selama masa kepemimpinan Bupati Yuni Wonda sudah banyak perubahan yang lebih baik. “Dulu kami kalau dari Ilu ke Gurage bisa 3-4 jam sekarang hanya 1 jam. Jalan aspal yang dibangun sangat bermanfaat bagi transportasi masyarakat” pujinya.

  Dalam sambutannya Bupati Dr. Yuni Wonda menyampaikan “Pemerintah dan gereja harus terus bekerja sama demi pembangunan, saya telah menaruh kayu ape berarti Tuhan menginginkan saya untuk ikut serta dalam pembangunan ini” ucap Dr. Yuni.

  Dirinya juga mengatakan agar setiap orang harus memiliki prinsip dan tidak mudah goyah. Hal itu ditekankan guna mengantisipasi gangguan keamanan yang sengaja dilakukan oleh provokator yang tidak ingin melihat Puncak Jaya aman dan damai.

   “Untuk klasis ini saya menyatakan akan menyerahkan kunci disini, masyarakat harus tahu sejarah gereja ini kami juga ada didalam pembangunannya. Jadi tahun depan kita harus resmikan klasis ini, saya akan menyerahkan kunci dan akan langsung kita buka disini” ungkap Bupati.

   Bupati dalam kisahnya mengungkapkan bahwa awal pertama kali dirinya ingin melahirkan Klasis baru Guragi adalah saat dirinya berhasil membawa Tim Sepakbola Puncak Jaya memenangkan Kompetisi Liga I. Piala yang dibawa oleh anak-anak gurage saat itulah yang merupakan cikal bakal berdirinya Klasis Gurage saat ini. (*/HumasPJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *