Valentino Rossi Resmi Dinobatkan Sebagai Legenda 

Carmelo Ezpeleta (kiri) menyerahkan trofi legenda kepada Valentino Rossi dalam acara FIM Awards (Crash)

JawaPos.com – Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi resmi dilantik sebagai legenda dan masuk dalam Hall of Fame MotoGP dalam acara seremoni FIM Awards.

Pembalap Italia itu mengakhiri kariernya yang membentang 26 tahun di Grand Prix Valencia, Minggu (14/11) kemarin.

Pemenang gelar tujuh kali di kelas premium, yang merupakan salah satu sosok paling paling kharismatik di paddock MotoGP itu finis di posisi ke-10 pada seri pemungkas MotoGP musim ini.

Meski penobatan Rossi sebagai legenda itu hanya tinggal menunggu waktu, namun pengumuman di FIM Awards tersebut tak pelak mengagetkan Rossi.

Karena biasanya baru diumumkan di tahun berikutnya. “Aku selalu menganggap hari ini (pensiun) seperti mimpi buruk. Karena ini adalah akhir dari karir yang panjang dan saya pikir itu akan terjadi di Valencia. Tetapi pada akhirnya, saya sangat menikmatinya, jadi saya harus berterima kasih kepada semua orang,” ujar Rossi dilansir MotoGP.com.

“Semua orang yang telah bekerja bersama-sama denganku, seluruh orang di paddock, dan pembalap. Ini adalah hari yang tak terlupakan dan aku sangat menikmatinya. Ini adalah karier yang panjang dan menyenangkan.” ucap Rossi di atas pangguang.

Rossi, satu-satunya pembalap yang pernah memenangkan gelar di kategori 125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP. Dia merasakan era transformasi dari era lama ke MotoGP era modern. Bos Dorna Carmelo Ezpeleta menyerahkan secara langsung trofi legenda kepada Rossi.

”Satu-satunya yang bisa aku katakan kepada Vale adalah terima kasih banyak. Ini adalah era yang luar biasa sejak (1996) di Malaysia, kita melihat seorang pemuda yang membalap dengan fantastis, juga sangat sangat istimewa,” ujarnya.

”Kami mulai berbicara dengannya (Rossi) dan sejak saat itu semua yang kami lakukan bersama, dengan semua orang yang bekerja di MotoGP, benar-benar luar biasa,” tambahnya.

Rossi kini bergabung dengan daftar nama-nama pembalap besar yang menjadi legenda MotoGP.

Mereka adalah  Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, dan Jim Redman.

Kemudian ada nama Kenny Roberts, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer, Casey Stoner, John Surtees, Carlo Ubbiali, Alex Crivillé, Franco Uncini, Marco Lucchinelli, Randy Mamola, Kork Ballington, Dani Pedrosa, Stefan Dörflinger, Jorge ‘Aspar’ Martinez dan mendiang Nicky Hayden.(JawaPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *