PON dan Peparnas Bukti Papua Siap Gelar Event Dunia

Atlet balap kursi roda saat tampil pada pelaksanaan Peparnas XVI 2021 Papua di Stadion Lukas Enembe pekan lalu. (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe menegaskan bahwa suksesnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional dan Pekan Paralimpik Nasional menjadi bukti bahwa Papua mampu menjadi tuan rumah event nasional. Bahkan orang nomor satu di Bumi Papua itu juga menyebutkan jika Papua mampu melaksanakan event bertaraf internasional.

Selain kesiapan SDM, Gubernur Enembe juga menuturkan, jika Papua juga kini telah ditunjang oleh infrastruktur olahraga bertaraf internasional. Sehingga pengalaman sebagai tuan rumah PON dan Peparnas dianggap sudah cukup sebagai bukti bahwa Papua bisa sama dengan provinsi lainnya.

Sehingga kedepan, Gubernur Enembe kedepan akan berupaya untuk mendatangkan event-event nasional baik kejuaraan dunia. Gubernur Enembe juga menegaskan agar tidak lagi meragukan Papua sebagai tuan rumah single event maupun multi event olahraga.

Hal tersebut juga sesuai dengan salah satu visi dan misi Gubernur Enembe yang ingin menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga, provinsi gudang atlet masa depan.

“Setelah PON XX dan Peparnas XVI Papua 2021, fasilitas olahraga yang sudah dibangun dengan megah dan berstandar internasio ini harus kita gunakan dengan maksimal. Bapak Presiden saya melaporkan Papua akan menjadi provinsi olahraga untuk melaksanakan event olahraga nasional dan internasional,” ungkap Gubernur Enembe dalam sambutanya saat closing ceremony Peparnas XVI 2021 di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (13/11).

“Pengalaman kami jadi tuan rumah PON dan Peparnas yang kita sukseskan bersama menjadi awal bagi kami provinsi yang menjadi tuan rumah event-event nasional dan internasional,” ujar Presiden Jokowi.

Gubernur Enembe juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh delegasi bisa pelayanan selama pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI 2021 tidak begitu sempurna.

“Mohon maaf dengan ketidak sempurnaan kami dalam melaksanakan PON dan Peparnas, saya sebagai tuan rumah, dan seluruh jajaran panitia beserta seluruh masyarakat Papua juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami sebagai tuan rumah PON dan Peparnas,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *