Persiapan dan Try Out Kunci Sukses NPC Papua Jadi Juara

Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma saat menyerahkan medali kepada para atlet peraih medali emas di Peparnas XVI 2021 cabang olahraga Panahan. (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Kontingen NPC Papua mencatatkan sejarah baru sebagai juara umum pada pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021. Papua menempatkan dirinya pada posisi pertama dengan perolehan 127 medali emas. Papua mengungguli Jawa Barat dengan 17 medali yang ada di posisi kedua.

Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma membeberkan rahasia NPC Papua bisa menjadi juara umum. Selain menurunkan atlet paling banyak dari kontestan lainnya, atlet NPC Papua juga memiliki durasi waktu persiapan paling banyak dari dari kontingen lainnya.

Tak sampai di situ, program pemusatan latihan dan try out yang yang dilakukan oleh NPC Papua juga menjadi salah satu kunci keberhasilan para atlet NPC Papua dalam mendulang medali emas sebanyak-banyaknya.

“Penampilan apik atlet juga karena banyaknya latihan di luar (TC) ini yang memacu semangat atlet, sehingga mereka bersemangat dan membuktikan diri, dan TC di luar ini sangat baik sekali karena turut membina semangat dan mental atlet,” ungkap Jaya Kusuma kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Jayapura, Selasa (15/11).

Selain itu, kata Jaya Kusuma, untuk memperdalam skuatnya, NPC Papua mendatangkan beberapa pelatih berlabel nasional untuk berkolaborasi dengan pelatih-pelatih lokal Papua. Upaya tersebut juga terbilang sukses, mengingat beberapa cabang olahraga yang diperkuat oleh para pelatih nasional mampu mendulang banyak medali emas.

Tak hanya sampai di Peparnas XVI Papua, tapi kata Jaya Kusuma, program latihan tersebut akan kembali diterapkan jelang pelaksanaan Peparnas XVII Aceh-Sumut 2024 mendatang.

“Kami sudah punya data, atlet yang meraih medali emas kita tetap pertahankan. Tetap ikut dalam persiapan menuju Medan dan Aceh. Dan prestasi di Peparnas ini menjadi batu loncatan kami NPC Papua untuk menyiapkan diri dengan baik. Sehingga kedepan kita akan tetap melakukan try out, dan memanfaatkan fasilitas venue yang ada di Papua,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *