Percepat Cakupan Vaksin Covid-19

ILUSTRASI. Kemenkes terus mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi Covid-19 untuk memenuhi target kekebalan kawanan. Salah satunya dengan memperbanyak sentra vaksinasi. (Robertus Risky/Jawa Pos)

KEMENTERIAN Kesehatan terus mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi Covid-19 untuk memenuhi target kekebalan kawanan. Salah satunya dengan memperbanyak sentra vaksinasi di banyak tempat.

Cakupan vaksinasi tersebut dicapai berkat usaha optimal dan gotong royong dengan semua pihak terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu. “Hal tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes, Widyawati dalam keterangan resmi Kemenkes baru-baru ini.

Kemenkes pun terus mengupayakan ketersediaan vaksin baik lewat skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini. Dua skema itu pun dilakukan untuk menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada.

Menurut Widyawati, Kemenkes juga telah mengeluarkan Surat Edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

“Pemerintah terus mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi,” kata Widyawati.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan vaksinasi. Salah satunya untuk kelompok rentan dan lansia.

“Karena dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari Covid-19,” jelasnya.(jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *