Kerahkan 200 Petugas Lintas Sektor dalam Operasi Zebra Cartens    

Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum  saat  memasang pita dimulainya Operasi Zebra Cartens 2021,  selama 14 hari kedepan  yang dimulai  Senin (15/11) kemarin. (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Operasi Zebra dalam rangka menghadapi perayaan Natal tahun 2021 digelar di seluruh Indonesia, termasuk Papua. Untuk Papua diberi nama operasi  Zebra  Cartens 2021.  Operasi  yang berlangsung selama 14 hari kedepan itu   dimulai 15-28 November 2021 akan melibatkan sedikitnya 200 petugas dengan Satuan Lalu Lintas sebagai yang terdepan.

   “Kita akan melibatkan sekitar 200 petugas, tidak hanya dari  Satuan Lalu Lintas tapi lintas sektor yang ada hubungannya dengan jalan,” kata Kapolres Merauke  AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum seusai memimpin apel gelar pasukan Ops Zebra Cartensz 2021 tersebut, Senin (15/11) kemarin.

   Membacakan sambutan Kapolda Papua, Kapolres Merauke mengungkapkan bahwa mengatasi masalah bidang lalu lintas tersebut tidak bisa berdiam diri tapi wajib melakukan berbagai upaya untuk menciptakan Kamtibcarlantas yakni keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas  yang aman dan kondusif serta melaksanakan imbauan prokes kepada masyarakat agar kasus Covid-19 menurun.

   Kapolres juga menjelaskan bahwa meski tingkat kecelakaan lalu lintas secara Papua mengalami penurunan, namun pihaknya akan mempertegas  hal-hal yang spesifik terkait dengan kecelakaan.  “Contoh, kematian tidak hanya dari manusia, tapi mungkin juga dari kendaraan.  Sehingga dalam operasi ini, hal yang juga menjadi perhatian kita adalah soal rem, ban  yang mungkin sudah licin. Juga soal lampu zein apakah masih berfungsi atau tidak dan hal-hal spesifik lainnya seperti SIM. Karena ada sejumlah kecelakaan terjadi  karena  tidak memiliki SIM. Hanya karena ingin mau naik motor, kemudian  membawa kendaraan di jalan raya dan sebagainya,” jelasnya.

  Termasuk yang akan menjadi perhatian kata Kapolres, soal plat nomor kendaraan. Menurutnya, sejumlah kendaraan tanpa nomor plat digunakan  untuk melakukan kejahatan, sehingga kepolisian sulit melakukan identifikasi  ketika melakukan pengejaran atau penyelidikan.

   “Sehingga  penting bagi setiap kendaraan untuk memasang plat nomor. Kalau itu  kendaraan  baru dan memang belum ada platnya, ya lebih baik  minta  yang plat putih saja dulu  untuk dipasang. Jangan sama sekali tidak ada plat di motor. Jadi plat nomor kendaraan ini juga menjadi  perhatian kita dalam operasi zebra cartens ini,’’ pungkasnya. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *