Giliran 128 SD Ikuti ANBK

Drs. Baharuddin Lahati, S.Pd (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia saat ini menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kepala Pengawas Sekolah Kabupaten Merauke Drs. Baharuddin Lahati, SPd, kepada wartawan mengungkapkan bahwa untuk  jenjang  SMP di Kabupaten Merauke seluruhnya sudah selesai mengikuti asesmen  nasional berbasis komputer tersebut. Sedangkan untuk SD diikuti sebanyak 128 sekolah yang dimulai dari 14-25 November 2021.

   “Dari 128 SD ini,  ada 38 sekolah menyelenggarakan di sekolah  sendiri. Sedangkan sisanya menumpang di sekolah lain baik di SMP maupun SMA dan SMK. Sekolah-sekolah yang menyelengarakan sendiri adalah sekolah yang sudah mendapat bantuan perangkat  IT dari Kementerian berupa note book dan Komputer,” kata Baharuddin Lahati.

   Dikatakan, tujuan dari asesmen nasional berbasis komputer ini adalah  untuk memperoleh kualitas mutu pendidikan di seluruh Indonesia termasuk yang terkecil adalah di satuan pendidikan.  Hasil dari asesmen ini, lanjut dia, semua sekolah dan kabupaten akan mendapatkan profil sekolah dan rapor mutu pendidikan.

   “Fungsi dari rapor dan mutu pendidikan  ini adalah untuk digunakan sebagai penyusunan program perencanaan pengembangan  sekolah dan program perencanaan pendidikan di kabupaten dan provinsi. Artinya bahwa perencanaan pembangunan pendidikan nantinya itu adalah berbasis data. Datanya dari mana, datanya diambil dari asesemen nasional ini,” katanya.

   Dijelaskan, dalam  asesmen ini ada yang diambil  sampel  untuk SD sebanyak  30 siswa dan untuk SMP sebanyak  40 siswa.  “Materi yang diambol adalah pertama literasi, kemudian numerasi untuk siswa,” tandasnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *