Siapkan Balai Kemensos untuk Pantau Atlet Berbakat

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengenakan mahkota bagi atlet yang meraih medali emas di Lapangan Tenis Sian Soor Kota Jayapura Sabtu (13/11) lalu. (AYU/CEPOS)

JAYAPURA – Menteri Sosial  RI Tri Rismaharini memastikan akan selalu memberikan dukungan penuh pembinaan untuk para atlet penyandang disabilitas. Kemensos optimis untuk mendukung prestasi para atlet meraih prestasi international, Sabtu, (13/11).

  Mensos akan segera menginstruksikan ke Unit Pelayanan Teknis (UPT) di lingkungan kementerian sosial untuk menyiapkan Balai Kemensos dengan tujuan mengidentifikasi potensi atlet secara lebih lanjut.

“Saya yakin banyak potensi atlet berbakat di seluruh tanah air. Mereka mampu bersaing di level nasional dan internasional. Nah balai Kemensos di seluruh tanah air ini sudah melakukan pantauan para atlet berbakat di daerah masing-masing. Dimana potensi dan bakatnya dan apa bantuan yang bisa diberikan,” ucap Mensos.

Usai menyaksikan pertandingan tenis dan mengalungkan medali kepada para atlet  paralimpik pada even Pekan Paralimpik nasional (Peparnas) XVI di lapangan Wali Kota Jayapura, Mensos menyadari bahwa atlet  paralimpik tersebut mempunyai sesuatu yang luar biasa jika dikembangkan dengan baik, bahkan bisa masuk kelas internasional.

Mensos juga mengapresiasi perjuangan para atlet  paralimpik untuk memberikan hasil yang baik untuk daerahnya masing-masing. Menurut dia, atlet paralimpik membutuhkan kesinambungan dalam Latihan. Sebab, sangat disayangkan event pertandingan untuk paralimpik tidak sesering event untuk atlet non paralimpik.

“Menurut saya pribadi, perlu adanya dukungan sarana dan prasarana untuk para atlet . Balai Kemensos akan ditata dan disiapkan untuk mendukung prestasi mereka. Termasuk sampai ke kesiapan sarana dan prasarana,” ujarnya.

Ia memastikan akan segera bergerak untuk atlet  paralimpik ini, karena pada tahun 2022 yang akan datang akan diselenggarakan Pekan Olah Raga Spesial Olimpik Nasional (Pesonas) di Semarang. Event khusus atlet paralimpik ini akan diikuti 2500 atlet  disabilitas intelektual dari 27 propinsi. Mensos akan menyambut dengan hangat event ini karena akan memiliki dampak positif, yaitu menambah frekuensi ajang perlombaan untuk mengasah kemampuan dan talenta para atlet.

Terkait Peparnas XVI ini, Kemensos telah memberikan kontribusi banyak sejak awal, terutama dalam  memastikan perlindungan kepada para atlet penyandang disabilitas untuk menjalani vaksinasi. Hal ini merupakan bagian dari kebijakan Kemensos yang menempatkan vaksinasi bagi penyandang disabilitas sebagai prioritas. (cr-265/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *