Para Panahan NPC Papua Juara Umum

Salah satu atlet para panahan NPC Papua saat tampil pada ajang Peparnas XVI Papua (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Para Panahan NPC Papua sukses menyabet 11 medali emas Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021. Torehan tersebut membuat para panahan Papua dinobatkan sebagai juara umum.

Para panahan Papua mengumpulkan total 18 medali, selain 11 medali emas, panahan Papua juga memiliki 4 medali perak dan 3 medali perunggu. Papua mampu mengumpulkan sekitar 40 persen dari total 30 medali emas yang diperlombakan.

Posisi kedua ditempati oleh kontingen Kalimantan Selatan dengan rahian 4 medali emas, 5 medali perak dan 2 medali perunggu. Kemudian posisi ketiga Jawa Tengah 4 medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu.

Peringkat keempat ada Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 4 medali emas, 2 perak dan 6 perunggu. Riau menempati peringkat kelima dengan 2 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Sementara Jawa Barat menempati peringkat keenam dengan 1 medali emas, 6 perak dan 5 perunggu. Posisi ketujuh Kalimantan Barat dengan 1 medali emas, 4 perak dan 1 perunggu. Kemudian disusul secara berturut-turut oleh Kalimantan Tengah, Jawa Timur dan DKI Jakarta yang juga sama-sama hanya mengantongi 1 medali emas.

Khusus untuk cabang olahraga Panahan Peparnas XVI 2021 hanya diikuti oleh 18 provinsi. Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Papua Barat, Sumatera Utara, Jambi, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Sumatera Barat mereka gagal mendulang medali emas pada pelaksanaan olahraga nasional empat tahunan kaum disabilitas tersebut.

Khusus untuk panahan NPC Papua, perolehan 11 medali emas sangat melampaui apa yang ditargetkan oleh NPC Papua dengan 3 medali emas. Para Panahan NPC Papua memiliki peran penting atas gelar juara umum yang diperoleh Papua.

“Kami awalnya hanya ditargetkan 3 medali emas dari NPC Papua, tapi kami sudah capai dan lewati. Ini gelar juara yang sempurna bagi kami Panahan NPC Papua,” ungkap salah satu pelatih para Panahan NPC Papua, Bustam kepada Cenderawasih Pos di sela-sela pertandingan hari terakhir yang digelar di venue Panahan Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (13/11).

Sementara itu, Daniel Wilson Uyo yang mampu menyabet 3 medali emas bagi Panahan NPC Papua itu mengatakan jika apa yang mereka raih saat ini tidak lepas dari perjuangan mereka selama melakukan pemusatan latihan. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *