The Ten Commandments ala Xavi Hernandez

Xavi Hernandez (AFP)

JawaPos.com – Xavi Hernandez telah membuat sepuluh aturan tegas bagi para pemain FC Barcelona. Dalam sesi latihan keduanya sebagai entrenador Barca di Ciutat Esportiva Joan Gamper kemarin (11/11), aturan Xavi mulai dijalankan dengan tertib.

Yaitu, terkait kedatangan ke tempat latihan. Sergio Busquets dkk diharuskan sudah tiba 1,5 jam sebelum latihan dimulai.

Tujuannya adalah persiapan lebih matang dan pemain bisa sarapan bersama untuk lebih mengakrabkan diri. Makan siang setelah latihan pun harus bersama.

”Xavi juga mewajibkan staf pelatih datang setengah jam lebih awal dari pemain,” tulis Mundo Deportivo. Sebelum kedatangan Xavi, sesi latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper diklaim terlalu santai.

Untuk menegakkan disiplin, Xavi juga kembali memberlakukan denda untuk pelanggaran yang dibuat para pemain. Kebijakan itu kali terakhir diterapkan pada era Luis Enrique empat tahun lalu.

”Xavi terbiasa dengan aturan denda ketika di bawah asuhan Frank Rijkaard dan Pep Guardiola. Bagi dia, cara tersebut ampuh untuk mendisiplinkan pemain,” tulis Mundo Deportivo lagi.

Denda yang diberlakukan misalnya EUR 100 (Rp 1,6 juta) untuk setiap kali terlambat datang latihan.

Jika kembali telat, dendanya dilipatgandakan menjadi EUR 200 (Rp 3,2 juta). Marca menulis, di era Xavi bermain untuk Barca (1998–2015), ada rekannya yang membayar denda hingga EUR 6 ribu (Rp 98,8 juta) dalam semusim.

Aturan disiplin lainnya dari Xavi adalah pemain diminta menghindari kegiatan tidak perlu demi menjaga kondisi tubuh.

Khususnya dalam agenda pertandingan dengan jarak hari berdekatan. ”Kegiatan ala selebriti maupun olahraga ekstrem seperti selancar dan otomotif telah diminta Xavi untuk dibatasi,” beber Diario AS.(JawaPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *