Pelayanan Santa Claus Harus Edukatif

Santa claus yang diikuti oleh rombongan Pit hitam. Bagi gereja-gereja yang mengadakan pelayanan Santa Claus diminta untuk memberikan kesan edukatif. Foto ini diambil desember 2019 lalu. (DOK/CEPOS)

Pdt. Hein Carlos Mano (Gratinanus silas/cepos)

JAYAPURA– Bulan Desember tinggal beberapa pekan lagi, ini berarti dalam pekan pertama Desember biasanya tiap gereja mengadakan pelayanan Santa Claus. Namun dalam beberapa kurun waktu terakhir nilai-nilai pelayanan Santa Claus bersama pit hitam malah memberi kesan horor kepada anak-anak.

Ketua Klasis Port Numbay, Pdt. Hein Carlos Mano, mengonfirmasi bahwa secara keseluruhan tidak ada pelayanan Santa Claus dari Klasis Port Numbay. Namun, pihaknya tidak melarang pelayanan Santa Claus yang secara inisiatif dilakukan oleh gereja.

Demikian, jikalau pelayanan Santa Claus ini dilakukan pihak gereja, maka Pdt. Mano menegaskan agar pelayanan tersebut dilakukan secara baik, dengan tidak memberikan kesan menakuti anak-anak gereja dalam pertumbuhan iman mereka.

“Karena selama ini, kegiatan pelayanan Santa Claus itu sangat erat kesannya dengan muatan yang negatif, muatan yang kurang bagus, di mana meresahkan anak-anak. Demikian, sudah saatnya pelayanan Santa Claus ini dibuat lebih edukatif, sehingga menumbuhkan iman dari anak-anak,” tegas Pdt. Hein Carlos Mano, kepada Cenderawasih Pos, Kamis (11/11) kemarin.

Bukannya sebaliknya anak-anak berlari ketakutan, yang bisa saja menyebabkan trauma bagi mereka, sehingga kelak mereka tidak memiliki semangat, motivasi, maupun sukacita dalam menyambut Natal.   “Ini tidak boleh terjadi, sebaliknya bagaimana pelayanan Santa Claus ini bisa membuat anak-anak ini, bahkan hingga mereka dewasa itu senang menyambut Natal,” tambahnya.

Ini perlu edukasi juga kepada gereja-gereja maupun secara teknis kepada kelompok-kelompok yang melakukan pelayanan Santa Claus menjelang Natal.  “Kalau memiliki inisiatif melakukan pelayanan Santa Claus, maka lakukanlah secara baik dan benar,” tutupnya. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *