Optimis Uncen Makin Bersinar

Prof., Dr., Batlazar Kambuaya (Gamel Cepos)

JAYAPURA–Ada harapan yang optimisme dari hari jadi Uncen ke 59 pada 10 November kemarin. Dengan “materi  pemain” yang  diisi semangat muda, Uncen diyakini bisa berbuat lebih dan lebih kencang dalam menjalankan visi misinya. Tinggal bagaimana semangat tersebut mendapat dukungan dari civitas akademika sehingga proses Uncen untuk berkembang bisa lebih cepat. Ini disampaikan Prof Batlazar Kambuaya,  pimpinan senat Uncen dari jadi jadi kemarin. Pria  yang sempat menjadi rector dan menteri ini melihat bahwa era saat ini terlihat ada proses transfer kepemimpinan dimana pemimpin saat ini baik rector, pembantu rector dan dekan semua generasi muda.

Para akademisi yang memimpin di Uncen kebanyakan adalah generasi muda dan kelompok muda ini yang sedang meneruskan estafet tersebut. Batlazar berharap Uncen semakin bersinar dari tahun ke tahun. “Saat ini sedang dalam proses melanjutkan estafet dimana dulu kami yang memimpin dan kini anak – anak muda yang berdiri memimpin. Kami harap generasi muda yang memiliki semangat dan karakter yang memang kuat ini memiliki pemikiran yang enerjik dan semangat yang sama. Kalau itu ada maka Uncen semakin kuat,” beber Batlazar. Artinya, perubahan roda generasi dan kepemimpinan ini dengan sendirinya akan mendorong kegiatan Tri Dharma  perguruan tinggi semakin berkualitas baik pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Batlazar meyakini dari saat yang memimpin adalah anak – anak muda  dan dirinya yakin Uncen akan dibawa ke arah yang lebih baik. “Saya melihat SDM saat ini sudah cukup. Sudah banyak doctor, guru besar dan itu akan membuat lembaga ini semakin kuat namun tergantung siapa yang akan memimpin  dan pada kepemimpinan ini perlu didukung bersama mulai dari tingkat fakultas, hingga program studi dan dari transformasi ini saya pikir Uncen bisa jauh lebih kuat dan menjadi perguruan tinggi yang  semakin berkualitas,” imbuhnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *