Nilai-Nilai Kepahlawanan Harus Jadi Inspirasi Generasi Muda

Dandim 1707/Merauke Letkol Czi Moh. Rois Edy Susilo, ST  bersama pengurus Persit Kartika Candra Merauke saat melakukan bakti sosial dengan mengunjungi para Warakauri dalam rangka  Peringatan Hari Pahlawan, Rabu (10/11) kemarin. (Sulo/cepos)

MERAUKE-Pahlawanku, inspirasiku. Itulah tema peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2021 ini.   Dandim 1707/Merauke Letkol Czi Moh. Rois Edy Susilo, ST, mengharapkan nilai-nilai  dari perjuangan para pahlawan dalam mencapai kemerdekaan harus  menjadi inspirasi generasi muda dalam mengisi kemerdekaan.

   “Tugas kita  sekarang adalah bagaimana mengisi kemerdekaan itu. Karena  para pendahulu kita, para  pahlawan  telah berjuang  untuk  kemerdekaan Republik Indonesia. Giliran  kita mengisi kemerdekaan,” kata  Dandim Moh Rois seusai memimpin upacara Hari Pahlawan10 November  tahun 2021 di Lapangan Makodim 1707/Merauke.

   Upacara   peringatan Hari Pahlawan ini juga dihadiri wakil bupati Merauke H. Riduwan, S.Sos, M.Pd dan Sekda Ruslan Ramli, SE, M.Si. Dandim  menjelaskan masyarakat masih sangat menghargai  jasa-jasa dari para pahlawan yang telah berjuang untuk meraih kemerdekaan.

  “Masyarakat masih sangat menghargai jasa-jasa pahlawan sebagaimana semboyan  dari father founding kita Ir. Soekarno, jangan  pernah melupakan sejarah. Jadi nilai-nilai kepahlawanan masih tertanam di  hati masyarakat,” katanya.

   Dijelaskan, meski masih dalam pandemi Covid, namun  10 November tersebut masih  dirayakan dari Sabang sampai Merauke. “Jadi nilai–nilai kepahlawanan masih tertanam di hati  orang Indonesia. Kita untuk Kodim, semua dipusatkan di Merauke dengan melibatkan juga dari pemerintah daerah,” terangnya.

  Sehubungan dengan masih  masa pandemi tersebut, menurut Dandim maka salah satu yang dilaksanakan adalah ikut mensosialisasikan  vaksinasi dan pembagian masker bersama pemuda. “Kita juga libatkan  mereka (Pemuda) agar  juga tertanam jiwa -jiwa kepahlawanan,” jelasnya. Dandim juga menambahkan bahwa di peringatan Hari Pahlawan tersebut pihaknya mengunjungi para Warakauri setelah upacara. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *