Gubernur Papua Lantik Ketua dan Anggota KPA Papua

Suasana pelantikan ketua dan anggota Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua tahun 2021, oleh Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara, Rabu (10/11). (Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Melihat kecenderungan meningkatnya kasus HIV/AIDS di Papua, maka Gubernur Provinsi Papua melantik ketua dan anggota Pengurus Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Papua.

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe menjelaskan,  di Papua kasus HIV/AIDS ditemukan sejak tahun 1992, penemuan kasus HIV/AIDS secara nasional menunjukan kecenderungan yang terus meningkat dari tahun ke tahun, dengan akumulasi penderita terinfeksi sampai September 2021 sebanyak 46.969 kasus.

“Akan tetapi perlu kita ketahui bahwa jumlah yang tercatat itu hanya puncak dari gunung es yang sebenarnya tidak kita ketahui besarannya. Kasus HIV/AIDS di Papua berdasarkan faktor resiko penularan didominasi oleh faktor hubungan seksual beresiko,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (10/11).

Diakuinya, untuk Papua heteroseksual sebesar 45.641 kasus, disusul faktor ibu ke anak sebesar 791 kasus. Permasalahan HIV/AIDS sejatinya bukan masalah kesehatan semata, namun gabungan dari banyak masalah di luar bidang kesehatan.

“Atas nama Gubernur Papua, saya mengucapkan selamat kepada pengurus komisi penanggulangan AIDS Provinsi Papua. Dengan permasalahan HIV/AIDS yang sudah menjadi isu global,  maka saya harapkan KPA Provinsi Papua dapat berperan aktif dalam mendukung upaya penanggulangan HIV/AIDS di Papua,” terangnya.

Lanjutnya, hal ini guna menjaga Tanah Papua agar bersih dari HIV/AIDS. ”Kerja keras dan komitmen bersama dari semua sektor jelas dibutuhkan, baik dari segi kegiatan maupun penganggulangan,”tandasnya. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *